Friday, April 8, 2011

Seputar Kulkel

بسم الله الرحمن الرحيم
Denah Poli Kulkel. Keterangan:Px= WC pasien. Dr=WC Dokter (pinjem kuncinya ke perawat di loket), M=Mushalla, Lab= tempat pengambilan bubur jaringan, pewarnaan Gram, BTA. Garis coklat=kursi tunggu pasien. 

Absensi datang sebelum jam 7 di R.15 (Ruang Amaryllis)
--> Sekre Kulkel, sebelum SW. Absen pulang setelah jam 15.30 (Jumat jam 16.00). Ga perlu berlama2 di sekre, langsung ke Ruko aja atau siap2 bimbingan.

Jam 7-9 --> Laporan, Referat, Jurnal, dll yang biasanya dibagian lain kita ikut, sekarang ga ikut. Di kulkel kita hanya: preceptoran, stase Poli (lantai 2 gedung rawat jalan, sebelah THT) dan stase Poli Kulkel di Puskesmas Pasundan (jadwal tergantung kelompok masing2).
Jam 7.30 standby untuk preceptoran di R.Rapat atau di Perpus. Sekitar jam 9, habis preceptoran, stase ke Poli sesuai jadwal (dicampur sm kelompok lain), absen di Poli, nyicil ceklis (kalau mau ke Poli lain boleh, tp harus setor muka alias lapor dulu ke Poli yg dijadwal).
Poli: Umum (Pria & Wanita), Kosmetik, Imunologi, Anak, Morbus Hansen, Jamur dan IMS (Infeksi Menular Seksual), kecuali Tumor.
Target Ceklis: 8 kasus dari setiap Poli. Poli Umum 2 kasus.
Jam 12-13 Istirahat
13.00- dst Preceptoran lagi atau stase lagi

Yg saya tulis itu jadwal kelompok saya :)  :
  • Preceptoran 2x setiap hari, pagi & siang, Senin s.d Jumat.
  • Ke Puskes Pasundan (Jl Pasundan deket ITC Kebon Kalapa, masuk dr Jl. Pungkur) Jumat pagi minggu ke1. Rame, pasiennya lebih variatif & khas (ya iyaa, dicariin yang khas soalnya, hehe). Perhatiin preceptor periksa pasien (siap2 kalau disuruh periksa). Perhatiin edukasi & penjelasan pemakaian obatnya. Perhatiin semuanya deh :))
  • Ke Puskes lagi Jumat pagi minggu ke 2 untuk Mini C-Ex (siap2 dengan pasien apapun + kasus apapun). Masing2 dapet pasien yang beda. Yang harus dilakukan: Anamnesis, Pemfis, Lab (kalau perlu) & Edukasi. Resepnya preceptor yang kasih langsung ke pasien (ga boleh nyontek & ngintip2 :p!). 
  • Minggu ke 3: Senin presentasi (ujian) kasus Mini C-Ex (Identitas s.d Prognosis). 
  • Selasa fleksibel: Mini C-Ex lanjutan yg belum ujian atau presentasi BST/CRS/CSS yg belum. Jadwal stase seperti biasa (Biasanya minggu ke 3 masih berburu ceklis ke Poli).
  • Rabu siang ujian slide (foto). Belasan foto. Pertanyaan macem2; DD, DK, Tx, Kriteria Dx,dll. Dikerjakan di kertas folio, serentak. (30 menit)
  • Kamis (pagi-siang) ujian final. Sama ky SOCA. Ujian dg konsulen 1 per 1. Kasus sama untuk semua (1 kasus aja, no hint, kasus apapun bisa diujikan). Jadi nanti di R.Conference ada 1 foto klinis + vignet + pertanyaan 'beranak banyak'. Dikerjakan di kertas folio, serentak. (30 menit). Habis itu, tunggu arahan residen (tiba2 ada bysite); pengumuman penguji & yg diuji. Lama ujian tergantung.. tergantung kita.. Kalau bisa jawab, cepet selesai (10 menit bisa beres). Kalau jawabannya menimbulkan pertanyaan, ya ditanya-tanya terus (bisa smp 1 jam) <--kasihan teman2 yg ngantri dibelakangnya.
  • Jumat: Pagi ke Klinik Teratai (Eikman) & Klinik Lili (Pav.Parahyangan). Siang: Judicium (lulus atau ngga) Nilai ga diumumkan.
Bacaan: 
  1. Modul kulkel (rujukan pertama, kt preceptor sy) isinya ringkas dan lengkap (CSG pisaaann). Teman setia dimanapun berada; waktu preceptoran dibaca, di Poli di baca, di hadapan pasien ditutup (kl diijinkan buka, ya buka), waktu ujian tentu saja ditutup. Tapi bahan semua dari situ dari kita masuk sampai kita ujian.
  2. Fitzpatrick edisi 7 (ketemu lagi.. setelah sekian lama meninggalkan DMS :D). Print bab yg perlu. Habisin baca bab yang perlu.
  3. Buku Penatalaksanaan Penyakit Kulkel Unpad (tipis, klinis banget, baik untuk dimiliki)
  4. Buku Kulkel UI
  5. Buku Pedoman Penatalaksanaan IMS dari Depkes (protap WHO, nih..lebih baik punya)
  6. Buku Kusta
  7. Catetannya teh Dina :)
  8. SKDI (kalau saya perlu ini juga)
Nice to Know
  • Waktu stase, segera tanya gimana cara dapetin ceklis. Sering2 liat klinis pasien (variasinya penyakit banyaak). Ikut anamnesis dan pemfis ky stase bagian lainnya. Lihat (kalau mau lakukan boleh, lebih baik) pemeriksaan lab (kerokan/scraping + KOH, pewarnaan Gram, BTA). Paling ngga dah pernah liat cara melakukannya. Dulu juga pernah pas Skill's Lab/ Lab Act, tp kan kondisi sekarang langsung ada pasiennya. Sekalian nyicil buat ujian & praktik nanti.
  • Buat yang punya alergi, bisa di SPT (Skin Prick Test) dan Patch Test gratis di Poli Imun :D
  • Bahan ujian final dari modul (polanya modul banget). Apapun kasusnya, ttg MH dan IMS pasti ditanya.
  • Buat yg suka nyalon; potong rambut, facial, creambath, meni-pedi, dll, RSHS punya Klinik Lilly di Pav.Parahyangan lantai 1. Harganya standar (lebih murah daripada Ana*a, malah). Buka Senin-Sabtu jam 8-4 sore. Bisa konsultasi juga (Sp.KK) *disuruh promosi tadi :D
  • Apa lagi yaa...
Yang pasti, sangat bersyukur selesai bagian yang satu ini. Bagian yang paling detil dibandingkan bagian lainnya versi seorang senior yang baru saja menghabisi masa koasnya.
Tadinya, saya kira yg paling detil itu IPD, tapi ternyataa..
Semoga bagian lainnya lebih menyenangkan daripada kulkel yg bikin cenat-cenut sepanjang hari, setiap hari. >,<
Biar berasa SOCA setiap hari, biar kena tegur setiap hari, tapi Kulkel jadi kenangan tersendiri. Alhamdulillah ya Rabbi..Engkau berikan preceptor yang mem-push hambaMu sedemikian rupa.




'Faaqidusy syai' laa yu'thi. Yang tidak berpunya,tidak akan memberi.'-pepatah arab-
I've showed you..Senang sekali membuatmu tersenyum, dok :)
Jumat, 8411

2 komentar:

ary said...

makasih teh intan, infonya sangat bermanfaat

mang senk said...

Hatur nuhun

Post a Comment

Jadilah seperti bintang yang indah kemilau namun sulit untuk digapai. Seperti melati begitu lembut dan suci, seperti mawar yang indah namun memiliki duri untuk melindungi diri. Ukhty moga kita bisa menjadi muslimah yang begitu lembut, anggun begitu banyak yang menginginkan namun sulit dimiliki sembarang orang karena kita teguh terhadap Allah dan Rasul.