Friday, July 30, 2010

Tahun Pertama di FK Unpad

بسم الله الرحمن الرحيم
*Curhat, sekaligus sekilas info bagi para penerima amanah baru sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Unpad. Terinspirasi dari pertanyaan2 dari junior


Agustus 2006
Lihat spanduk warna-warni itu. Bukan iklan yg tertulis disana, melainkan nama-nama kami: mantan siswa/i SMA 3 Bandung yg lulus--dan tidak lulus-- SPMB/SMUP/USM/UM,dkk. Nama saya, Alhamdulillah ada di salah satu deretan nama di spanduk itu.. Tapi lupa..yg mana yaah...hehe..

INTAN     FK UNPAD
^__________^ 
Senang, iya, karena dari seperempat teman2 sekelas yg milih FK Unpad, hanya 2 orang dari kelas yg berhasil tembus.
September 2006
Tau ga sih, kalau FKUP tuh bukan di Bandung, tapi di sebuah desa antah berantah bernama Jatinangor :D
Dimana pula itu Jatinangor? Perbatasan Bandung Timur aja masih kesana lagi.. wew..jauhlah pokoknya...kalau jalan kaki!
FYI for FSP (baca: for your information ya, adik2 freshmen semester program)
Bandung-Jatinangor bisa dicapai (kira2):
- hanya dalam 15 menit (kata teman sayah yg biasa ngebut kalau pagi, via tol moh toha-cileunyi)
- 40 menit dari Terminal Damri di Elang (Cimahi). Sama, via tol Moh Toha- Cileunyi
- 1,5 jam dari Terminal Damri di Unpad Dipati Ukur (termasuk durasi ngetem yg lebih lama dibandingkan di Elang). Via tol Moh Toha-Cileunyi
- 45-60 menit naik motor. Ga lewat tol, tentu saja.
- 45 menit menit naik mobil pribadi via tol pasteur-cileunyi dengan kecepatan minimal
- 10 menit jaki dari kosan saya :), 5 menit kl naik ojeg (termasuk jalan cepet naikin 8 tangga smp ruang kuliah)

Gedung kuliah ada 4: A2, A3, A4 dan A5. Setiap gedung terdiri dari 3 lantai. Detilnya lihat di buku Ospek :D 
Ngomong2 tentang tangga itu bukan anak tangga, lho, tapi ibu tangga :). Belum lagi kalau pindah gedung krn ganti matkul,,Maknyuuusss! Dan di Kampus Jatinangor tercinta ini, fakultas mana yang ada liftnya? bahkan fk yg termasuk fakultas terkaya aja ga dikasih lift. Jangan harap! Berharaplah yg lebih sehat. Capek neng, kalau ngomel2 terus.. mending dibawa positif aja, mikirin hal lain sambil ngos-ngosan naikin anak2 tangga itu. Alhamdulillah, 4 tahun naik turun tangga begitu belum ada laporan ada mahasiswa yg kenapa-napa karena asma eksaserbasi akut ataupun encok karena degenerasi saraf, otot atau sendi akibat hampir setiap hari "terpaksa" seperti itu.

OSPEK
OSPEK serem?! Ngga tuh, saya ga terlintas hal-hal buruk tentang Ospek. Yah, paling kalau marah2in yg wajar2 ajalah.. Dan nyatanya seperti itu. Ospek FK paling baik, OSPEK FK paling dewasa dan mendewasakan. 3 kali saya jadi panitia ospek, selalu terdengar pujian positif tentang kegiatan ospek. Yg negatif2nya, itu karena mereka belum mengerti konsep ospek dan apa yg diharapkan sebenarnya. Bahkan ada banyak tangis haru, bukan tangis tersiksa "cape hate" akibat sadisme para senior.
Sampai kapan pun, dek.. dari pertama kali kita menginjakan kaki di fk hingga nanti titel profesi dan almamater  terbawa2 hingga ujung dunia (meninggal maksudnya), we are a big happy family, ada kakak2 yg sayang adik2 dan ada adik2 yg sayang kakak2. InsyaAllah..aamiin..
Kelompok ospek Dendrite #13 

BUKU, CARA BELAJAR dan BAYARAN
Bukanlah dusta kalau buku2 fk itu tuebel2! contohnya ini:
Kamus Kedokteran Dorland (Indonesia) yg tebelnya hampir sejengkal. 

Tips: beli kamus Dorland yg kecilnya aja ya. Lagi pula ga terlalu kepake, karena kita pk textbook asli berbahasa Inggris. Definisi apapun juga kebanyakan dalam bahasa Inggris. Nantinya, juga jadi biasa nyari apa2 online. Lumayan bisa save 300rb-an. Kalau tetep mau pakai kamus, ada Dorland bahasa Inggris di mini library di setiap ruang tutorial :)
Masih tentang buku, dulu sy kira duit ortu bakal terkuras habis karena buku2 fk yg katanya mahal2. Betulll, betul itu! Beli buku asli bisa ngabisin duit berjuta2. Tapi bisa disiasati dengan FOTOKOPI! Ga perlu satu buku juga, hanya beberapa bab yg diperlukan. Kebanyakan buku mmg fotokopian.Ada beberapa yg asli dengan alasan: bukunya dipakai terus smp tingkat akhir dan ga berwarna kalau di fotokopi. Buku2 wajib dimiliki:
- Histologi Junqueira (yg bhs Indonesia ada, tp yg asli berbahasa Inggris lebih baik)
- Embriologi Langman (yg bahasa Indonesia ada, tp dah edisi lawas. Yg asli berbahasa Inggris jauh lebih baik)
- Tortora Anatomi & Fisiologi (kata seorang Prof, ini buku perawat X), bukan untuk dokter, tp enak bgt untuk dibaca dan dipahami apalagi baru masuk fk..tp terserah aja...)
- Moore's Clinical Oriented Anatomy yg pasti fullcolor. Anatomi gitu loh..

Cukup ya,,, cukup menguras! 4 buku itu aja dah hampir 2 juta. Belum buku2 fotokopian lainnya. o.O
Buat yg mau lebih save, biasakan sejak dini untuk membaca e-book. Tentu saja, punya notebook/netbook/laptop/komputer itu wajib hukumnya sebagai modal. Saya termasuk yg menyesal karena dari dulu ga seperti itu. Semua textbook yg diperlukan ada dalam bentuk file2 yg bakal menuh2in harddisk tapi tidak untuk menuh2in rak buku. Termasuk buku2 diatas (kecuali Tortora).  Bikin tugas juga ga perlu berat2 bawa textbook, susah2 nyari halaman di textbook terus difotokopi, tapi cukup search-printscreen-crop-copy-paste untuk gambar & tabel, terus terjemahin pakai kalimat sendiri.

ZERO Rupiah
Dengan e-book, bahkan kita bisa sama sekali ga membeli buku. Kuliah di fk, ga sama ky di sma. Ga akan ada petunjuk dari "guru" untuk bawa buku ini buku itu. Tuntutan belajarnya pun beda. Tugas2 juga ga ada lagi kata2, "Buka buku halaman sekian, kerjakan tugas dari halaman sekian smp sekian, kumpulkan paling lambat bla-bla-bla". Di sini, di FK UNPAD, kita dituntut belajar mandiri, cari referensi bareng2, kerjakan tugas dari buku2 apapun (tp tetap update dan terpercaya), semua hal melibatkan ketergantungan kita terhadap dosen secara minimal dan textbook & jurnal & teman secara maksimal. 

Paparan membaca tulisan apapun dalam bahasa Inggris, slide2 presentasi, modul2 lab, buku2 teks, ujian, termasuk pengumuman, jadwal kuliah, peraturan, dan bahkan buku ospek sekalipun akan membiasakan kita mengerti dan berteman dengan bahasa Inggris sejak dini. Jadi, soal baca textbook berbahasa Inggris yg awalnya terasa berat dan bikin pusing pun makin lama makin terbiasa dan jauuuuh, jauhhh lebih dicari dibandingkan dengan edisi bahasa Indonesianya. Dan yang penting lagi, textbook2 itu ada dalam bentuk file e-book yg bisa dibeli, didownload, bahkan copas gratis! Sekali lagi, manfaatkanlah teknologi dan mulai kebiasaan baru untuk belajar baca buku elektronik. 

perpustakaan fk
PBL/ Problem-based Learning
Adalah kurikulum yg dipakai di FK manapun. FKUP sudah menerapkan PBL sebelum tahun 2004. Sampai tahun 2007, PBL dijalankan selama 4 tahun untuk program pendidikan sarjana kedokteran (PPSK). Mulai tahun 2008 menjadi 3,5 tahun. Pengurangan durasi kuliah berimbas pada pemadatan materi kuliah. Wayahna.. hehe.. jadi apa aja?
Semester 1 (FSP): FBS (Fundamental Basic Science) I-IV (asalnya FBS I-X)
Semester 2-7 : RPS, EMS, NBSS, DMS, HIS, CVS, RS, GIS, GUS (artinya? cari di buku pedoman FK yua ;))
Semua matkul itu diajarkan dengan menggunakan kasus penyakit sebagai trigger (pancingan). Belajar dengan:
- Kuliah beberapa jam seminggu
- Tutorial 3 jam, 3x/ minggu
- Lab activity 1x/minggu
- Skill's lab 1x/minggu
lab act, seru kan ya,,masih bisa foto2 wlpn lg lab ^^
Matkul lain: 
- Bioetik (BHP) 1x/minggu bisa dengan tutorial, extramural (co: hospital visit), presentasi, kuliah
- Kewarganegaraan, agama, bahasa Indonesia, Statistik, dan Public health


Bayaran
Baik mahasiswa SPMB ataupun SMUP, bayaran (SPP) sejak tahun ajaran 2008 untuk semua fakultas di Unpad adalah 2 juta/ semester. Bayaran lain yg tentatif: uang gedung, modul2 lab, fotokopi tugas2, bayar remedial, jalan2, makan2.. ^^v 

Asrama
Semua FSP wajib tinggal di asrama Bale Padjadjaran selama 1 tahun tanpa kecuali. Jaman saya dulu belum kebagian asrama. Nampak seru bisa setahun bareng temen2 1 komunitas di Jatinangor yg antah berantah :)


43 komentar:

Anonymous said...

boleh nanya ga..
kalo di fk unpad maksimal lama kuliahnya itu berapa tahun ya?

Intan said...

untuk PPSK(S.Ked)nya minimal 3,5 th,maksimal 5,5th :)

Anonymous said...

terima kasih...

Fima Rizky I. said...

Ka, saya baru baca artikel kaka. Envy banget ... sekarang sy kelas XII. Doakan sy bisa masuk FK UNPAD ya ;))

Intan said...

@Fima Rizky: Didoakan, insyaAllah.. Semangat berjuang yaa! Semoga suatu hari bisa jadi teman sejawat ;)

Anonymous said...

wow sangat menginspirasi nih.. btw klo download kamus dorland kayaknya gak ada lah..
kudu beli hehe..

Intan said...

Anonymous: ^^, beli yg punya saya aja mau ga? *serius

Marisha Christin ( icha) said...

hehe sebenernya mau sih beli punya kaka..
tapi saya bru beli kemaren ehehehe
makasih kak ats tawarannya

Intan said...

Icha: Sayang banget ;)

chandra fitri said...

assalamu'alaikum..
afwan mbak, mau tanya.
kira kira kalau mau ngambil jalur undangan fk unpad itu berapa nilai minimal rata2 rapotnya?
jazakillah inform.nya :)

Intan said...

Chandra fitri: wa'alaikumsalam. Mbak kurang tau,dek berapa nilai minimalnya. Bahkan untuk semua jalur juga ga tau (^^)". Coba langsung tanya ke sekretariat aja ya..

chandra fitri said...

sekretariat mana mbak? :D

Intan said...

sekretariat FK Unpad dong, dek..jgn jurusan lain =D ni dikasih bocoran: Fakultas Kedokteran UNPAD, Jalan Raya Bandung-Sumedang Km.21. Phone/fax number. : 022-7795594 atau buka web: www.fk.unpad.ac.id Sukses ya!

chandra fitri said...

sipp mbak. jazakumullah mbak, semoga di balas ALLAH :)

Anonymous said...

Assalumualaikum mba :)
kalau mau masuk FK unpad itu susah atau gimana mba ?
dulu mba , masuk FK unpad gimna ?
trims ..
:)

Intan said...

@chandra fitri: waiyyakum :)
@Anonymous: wa'alaikumsalam,de.Masuknya gampang, gerbang FK selalu terbuka untuk siapa pun ^^v. Lulusnya itu..Susah atau gampang jd relatif. Yg mb alami dulu: kebanyakan gagal Try Out di les/tempat lain ^^"*hiks* Nilai TO jd penting karena mb ambil SPMB aja, bukan SMUP/jalur khusus lainnya (co: ranking SMA ky baru2 ini). Jadi terpicu untuk terus belajar & menguasai materi & jgn lupa: berdo'a. Alhamdulillah ujian SPMB tenang & lulus.

bendi said...

ntan aku ceritanya googling pedoman penatalaksanaan DM Perkeni...blog intan tuh ada di nomer 5 daftar google-nya hehehehe...langsung aje aye masup sini! mantep ntan, matur nuwun linknya!

My Place (Khaffi) said...

wah ka saya baru liat blog.a kaka nih,ngeinspirasi banget :D
saya baru kelas x jurusan farmasi di smk negri kota bandung
minta tipsnya dong ka biar nantinya gampang gitu buat masuk fk unpad :D
trims

Iren (Anisa Irene) said...

Assalamu'alaikum :)
Ka, aku kan udah kls XII jurusan Farmasi di Jakarta.. Aku pengen nerusin sekolah di Bandung Jurusan Kedokteran.. kebetulan kata temenku di FK UNPAD bagus, jadi aku pengen daftar disana.. cara mendaftarnya gimana ya?? :)
Terima Kasih

Rara.AAW said...

Assalamu'alaikum teh, kalo ujian di FKUP susah ga teh?

Anonymous said...

teh minta rincian biaya kuliah total dong buat fk unpad ???????????????? terus pendapat teteh FK di univ yang mana , antara UGM ,UNPAD,UI ?

Intan said...

@MyPlace(Khaffi): Terimakasih. Tips: niat, belajar dan berdoa melebihi rata-rata orang lain :)
@Iren (Anisa Irene): wa'alaikumsalam. Pendaftaran FK langsung ke pusat di Unpad Bandung atau bisa (biasanya) dikoordinir o/ pihak sekolah. Langsung tanya ke sekretariat FKUP: 022-2032170/ 022-2037823 aja ya biar lebih jelas prosedur yg tahun sekarang.

Intan said...

Rara.AWW: Ujiannya susah kalau males belajar (dan berdoa). susah juga kalau ga bisa menganalisis & sistematis, karena jenis ujiannya macem2: pilihan ganda, esay, lisan dan praktik.

Intan said...

@Anonymous: total mah banyak, tapi ga sebanyak di FK swasta pastinya. untuk perbandingan di FK Unpad 1 semesternya sekitar 2 juta (sarjana & koas), di Kebidanan Unpad 1 semesternya sekitar 6 juta. FK swasta di Bandung 1 semesternya sekitar 20-30 juta (koasnya nambah lagi)
Tentang univ mana, tergantung pilihan & kebutuhan masing-masing.. :)

Anonymous said...

menurut teteh bagusnya saya masuk F. kedokteran atau F. farmasi unpad ,, menurut gambaran teteh F. farmasi unpad gimana sih ???
soalnya bidikan saya dua fakultas itu .

Intan said...

Anonymous: Kalau yang itu, mestinya yang bertanya lebih tau jawabannya. Tujuan adik kuliah disana apa, karena fakultas hanya fasilitas yg lebih spesifik untuk meraihnya. Gambaran farmasi itu,, kalau mau tau bedanya bisa buka webnya: farmasi.unpad.ac.id
Semangat!

nurdesri999 said...

teh, masih niat jual kamus dorland nya ga??
kalau belum terjual saya mau dong teh:)

Balebat Buana said...

Baru liat blognya, menginspirasi banget kak :-D saya baru mau naik kelas XII dan brencana mau ngelanjutin ke fk unpad. Semoga bisa masuk, doakan saya ya kak ;-)

Dita Hyun Rin said...

Assalamualaykum kak :) baru visit blognya nih hhehehehe aku dita sekarang kelas XI di SMAN 13 Jakarta :) hehehe salam kenal ya kak ^^ semoga nanti saya bisa nyusul ke sana juga (Aamiin Ya Allah) hehe....
kakak udah semester berapa sekarang kak?

Intan said...

@nurdesri999: ada di rumah teteh. mangga aja kalau mau email ke intan.risna@gmail.com ya
@Balebat Buana: terimakasih.aamiin. semoga tercapai cita2nya
@Dita Hyun Rin: wa'alaikumsalam. aamiin. kk sudah jadi dokter Alhamdulillah. Baru disumpah Juni'12 lalu

Petet Kentret`s Blog said...

subhanallah, doain saya ya kak saya siswa kelas XII SMAN 1 depok ingin sekali kuliah disana, insyaAllah 0:)

ichaa Yuaa said...

assalamu'alaikum
teh kalo b.inggris nya lemah bakal sulit ya menyerap materinya...?

raranabelo said...

assalamualaikum kak..
saya mau tanya kalo nilai matematika biasa - biasa aja ngaruh ngak?? kalo misalnya mau masuk FK apa aja yang harus kita siapin menurut kakak??? bener ngak sih kak ospek itu nakutin??

Anonymous said...

kak mau tanya dong, aku mau snmptn tahun ini dan pengen bgt masuk fkunpad.. tips belajarnya ada ga sih kak? aku lemah bgt di fisika :(

Anonymous said...

Aslmkm kk,,
kalau blh tw, tips agar dpat lulus UNPAD itu ap kk?

Anonymous said...

Assalamualaikum mba, kalau ngambil spesialis brp tahun kuliahnya ya? Makasih

bessyndo said...

kak blh bgi tips cara bljrnya gk, sprt klo bljr brp jam gitu?

Anonymous said...

kak, beneran gak kalau misalkan nggak pribumi gitu ntar ga ada temen atau dikucilkan gitu?

Anonymous said...

Assalamualaikum, yaAllah kakak, subhanallah bgt ya kayanya cerdasnya luar biasa, aku Nabila kak dari SMAIT Thariq bin ziyad, emang iya ya kalo dari sekolah swasta susah ya masuk FK apalagi kalo negri? :( doain aku ya kak bisa jadi salah satu mahasiswa disanaa :) aamiiin, sukses selalu BU dokter.

ishri rajib said...

assalammualaikum ka,kaka mau tanya kalau jalur tulis itu minimal nilainya berapa ya? kuota yang di ambil berapa dari berapa? -makasih sebelumnya :)

ishri rajib said...

assalammualaikum ka,subhannallah kaka pinter banget pengen deh jadi kaka :( . aku dari sma almuslim cikarang #swasta baru kelas 2 sma aku mau tanya ka kalau jalur tulis itu nilai minimum nya berapa ya ka? sama yang di terima kuotanya berapa? -makasih ka-

Khairil Ikhsan said...

Kak, minimal rata-rata nilai supaya masuk fk unpad berapaan ya kak?

aisyah qurrota'ayun said...

teh, minta doanya biar taun ini lolos snmptn kedokteran unpad ya teh. hadirkan namaku di doa teteh hehe makasih teh maaf kalo sksd :)) aisyah qurrota'ayun

Post a Comment

Jadilah seperti bintang yang indah kemilau namun sulit untuk digapai. Seperti melati begitu lembut dan suci, seperti mawar yang indah namun memiliki duri untuk melindungi diri. Ukhty moga kita bisa menjadi muslimah yang begitu lembut, anggun begitu banyak yang menginginkan namun sulit dimiliki sembarang orang karena kita teguh terhadap Allah dan Rasul.