Monday, March 7, 2011

Radiologi: Thorax & Ekspertise

بسم الله الرحمن الرحيم
-Cor tidak membesar
-Sinuses dan diafragma normal
-Pulmo:
-Hilus kanan tertutup bayangan jantung, hilus kiri kabur
-Corak bronkovaskuler normal
-Tampak perselubungan opak inhomogen berbatas tegas di lapang atas paru kanan dengan air bronchogram
Kesan:
-Tidak tampak kardiomegali
-Pneumonia lobaris
-Cor tidak membesar
-Sinuses dan difragma terpotong
-Pulmo:
-Hilli kabur
-Corak brokovaskuler normal
-Tampak perselubungan opak homogen berbatas tegas di hemithorax kanan atas dan tengah
-Terdapat destruksi costa 4 posterior
-hyperaerasi
Kesan:
-Tidak ada kardiomegali
-Keganasan pleura dan emfisema
Cat: karena ada destruksi tulang à mesothelioma, kalau xde destruksi tulangloculated pleura efusi
-Cor membesar ke lateral kiri, apex membulat di atas diafragma
-Pinggang jantung mendatar
-Truncus pulmonalis menonjol [hilus membesar, RV hypertrofi]
-Aorta mengecil
-Sinuses dan dafragma normal
-Pulmo:
-Hilus kiri tertutup bayangan jantung, hilus kanan membesar (reverse comma sign)
-Corak bronkovaskuler normal
-Tidak tampak bercak lunak
Kesan:
-Kardiomegali dengan hipertensi pulmonal
-Tidak tampak TB paru
Simetris
Inspirasi cukup
Cor membesar ke lateral kiri, apex membulat, pinggang jantung mendatar
Sinus ka & ki normal, diafragma normal
Pulmo: - hilus kiri tertutup bayangan jantung
-Hilus kanan kabur
-Corakan paru bertambah
-tampak bayangan opak bulat inhomogen di lapang atas paru kanan
Kesan: kardiomegali tanpa bendungan paru disertai pneumonia

Dr. Harry
-Cor normal [ANAK], CTR=60%
- Febris -> DD/ Tb, pneumonia, BP
- Perselubungan inhomogen opak berbatas tegas di lapang atas paru kanan disertai air bronchogram [PNEUMONIA]
- Terdapat perbercakan di lapang bawah paru kanan [BRONCHOPNEUMONIA]
-Kesan: penumonia N BP 
-
DR. HARRY:
Cor – normal
-Diaphragm elevasi
Pulmo:
-Sinus normal tajam
-Hilus kanan normal, kiri tertutup perselubungan
-Bronchovaskuler kanan normal, kiri tertutup perselubungan
-Perselubungan opaque homogen diffuse di seluruh lapang paru kiri
-Trakea deviasi ke kiri
-Paru kanan hyperlusen
-Volume paru kanan bertambah
-Bronchovuskuler berkurang
-KESAN : ATELEKTASIS DENGAN EMFISEMA KOMPENSATORI

19 komentar:

Diary Vazha said...

Ka, mau tanya maksud nya di thorax itu diapain sih?

Intan said...

Di subdivisi Thorax. Misalnya di Bagian Ilmu Bedah ada subdiv Bedah Thorax. Di Radiologi juga ada subdiv Thorax..
Biar singkat aja nulisnya ;)

Intan said...

di apain tergantung bagiannya.. kan cabang ilmu kedokteran banyak.. di Bedah ada pasien, di Radiologi ada fotonya pasien

Diary Vazha said...

guru aku gagal ginjal. Cuci darah 1 minggu 2 kali. Nah waktu itu bilang, "Sekarang saya lagi thorax". Nah itu diapain?

nahe said...

ckckkc intanrisna rajin beud dah hahaha ukuran pinggang jantung dong, tan.. ada ga?

Intan said...

Vazha: kk ga paham, dek.. mungkin waktu itu lagi ada di bagian thorax ya..

Teh Nahe: sambil belajar teh..ini juga copas2 aja dari slide, he..
ukuran pinggang jantung belum nemuuu.. T.T
btw, bahasa Inggrisnya pinggang jantung apa ya teh?

vini said...

Bagus... Tertarik dengan radiologi?
Foto-foto yang lainnya mana?

Intan said...

Terimakasih. Tertarik karena dibutuhkan untuk membantu diagnosis :)
Foto lainnya ada di blog ini. Khusus thorax hanya ini saja yg bisa saya posting, mungkin vini mau share foto lainnya disini? :D

RUDOLF AGUNG S WENI said...

salam kenal....
mbak minta diajarin cara menilai intepretasi foto thorax donk

RUDOLF AGUNG S WENI said...

di tunggu khursus nya ya mbak...
heheh

devv said...

ini yang gambaran empisema yg mana ya

Anonymous said...

kk Intan..

- sinus dan diaphragma normal
- tak tampak infiltart pada paru
- klasifikasi pada hilus kiri-kanan
- cardio thoracis ratio normal

kesan : proses lama pada hilus paru

kl hasil foto torax seperti itu gimana kak..

intan said...

@Rudolf: kursus aja bang. susah kalau disini karena baiknya belajar langsung dengan gambar
@devv: ada di foto terakhir di thoraks kanan
@anonymous: kean: TB paru lama

Anonymous said...

kaka.....saya mau tanya,kalau kesan pada hasil ronsen nya adalah..TB PARU LAMA TAMPAK TENANG maksudnya apa ya kak,mohon infonya

Anonymous said...

kaka.....saya mau tanya,kalau kesan pada hasil ronsen nya adalah..TB PARU LAMA TAMPAK TENANG maksudnya apa ya kak,mohon infonya

Anonymous said...

assalamu'alaikum. saya mau tanya hasil ronsen pemeriksaan Thorax, kalo kesannya : infiltrat paru, suspect KP LED 7,maksudnya apa ya dok?mohon infonya dan terima kasih atas jawabannya?

iwan said...

mau tanya nih dok hasil rotgen yg buat saya pusing plus baca tulisan nya juga pusing maklum tulisan dokter.hasilnya kira-kira begini:
cor ctr>50%
sinus dan diafgrama kabur,superposisi *****(tulisan nya tidak jelas)
***** ***** bertambah.
tidak tampak infiltrat.
kesan cardiomegali dd(mungkin aa)/posisi asimetris.
tidak tampak K ***if.
saya tidak tahu karena dokternya juga menurut saya kelihatan ragu apalagi saya.thank

Unknown said...

mau nanya dong, knapa atelektasis bisa menyebabkan deviasi trakea ke kiri?

terima kasih

Trio Haryanto said...

Salam kenal,,, kl hsl ronsen trus ada bercak pada opak bagian kanan, itu maksudnya apa ya ???

Makasih

Post a Comment

Jadilah seperti bintang yang indah kemilau namun sulit untuk digapai. Seperti melati begitu lembut dan suci, seperti mawar yang indah namun memiliki duri untuk melindungi diri. Ukhty moga kita bisa menjadi muslimah yang begitu lembut, anggun begitu banyak yang menginginkan namun sulit dimiliki sembarang orang karena kita teguh terhadap Allah dan Rasul.