Monday, June 20, 2011

Keputusan Yang Mengubah Hidup

بسم الله الرحمن الرحيم
Hari itu, kali pertama aku menjadi juri di sebuah acara yang --menurutku-- bergengsi. Para nominee yang tahun ini perempuan semua sudah berkumpul di ruang briefing, berpakaian rapi lengkap dengan jas biru dongker. Hm, wajah-wajah yang tidak asing, pikirku. Seingatku, aku pernah bekerjasama dalam suatu kepanitian dengan mereka. Mereka tak lain dan tak bukan adalah para aktivis yang prestatif. Atau terbalik ya.. ;)

Waktu penjurian tiba, aku diamanahkan mewawancarai sisi kepribadian setiap peserta. Apa ya, jujur aku masih bingung untuk menerjemahkan poin-poin penilaian yang berupa topik menjadi kalimat tanya. Tapi aku tidak sendiri, ada seorang dokter senior yang menemaniku. Alhamdulillah, aku belajar dari pertanyaan-pertanyaan tajam yang beliau lontarkan. Tidak mau kalah, aku juga membuat pertanyaan sendiri.

"Boleh cerita tentang suatu hal yang karenanya hidup kamu berubah sama sekali?"
Peserta A menjawab keluarga..
Peserta B menjelaskan tentang yang lainnya..
Peserta C..
"mm...harus cerita ya teh?", tanyanya setengah hati
"Pribadi banget ya? Kalau ngga mau, ga dipaksa kok", jawabku santai.
"Eh, ga apa-apa..Biar aja..ya?", Senior di sebelahku malah menantang.
".........", dia diam sebentar saja, lalu kedua matanya mulai berair. Suasana hening. Sepertinya siapapun dan apapun yang ada di ruangan ini siap menjadi pendengar kisahnya.
"Hal yang mengubah hidup saya, saat saya memutuskan untuk tidak pacaran, teh.. dok..", Suaranya bergetar dan air matanya sudah tidak terbendung lagi.

"Dulu saya pacaran sampai akhirnya saya memilih untuk putus saja. Bukan karena masalah apa, tapi karena saya takut sama Allah. Kalaupun nanti bisa dekat lagi, saya ingin tidak dengan pacaran."

***

Satu kata: Salut!
Kata kedua: Subhanallah!

Disaat--ada saja--perempuan-perempuan yang dipanggil akhwat lebih memilih untuk mencicipi cinta sebelum waktunya dibandingkan aktivitas dakwahnya, dibandingkan Sang Maha Pemilik Cinta, lalu tergiur dan menikmatinya sehingga terlupa akan jati dirinya, akan izzah yang dijaga selama ini. Terlupa dan tidak bertindak. Dia yang nampak biasa saja dilihat dari stereotipe akhwat manapun bahkan cenderung gaul bisa mengambil keputusan setegas itu? Sungguh suatu hal yang langka.

Aku meminta maaf karena telah membuatnya menangis. Tapi aku bangga, sangat bangga dengannya.
Apa rasanya harus berpisah dengan seseorang yang mencintai kita dan kita pun mencintainya?
Cinta yang menjadikan Juliet rela menegak racun menyusul Romeo. Atau seperti cinta sahabat saat membersamai Kekasih Allah meregang nyawa...atau...?

Apa rasanya harus berpisah dengan seseorang yang mencintai kita dan kita pun mencintainya?
Saat sama-sama mengetahui bahwa kebenaran sudah jelas, kebatilan pun sama jelasnya. Tapi hati terlanjur terpaut karena cinta yang membutakan kebatilan menjadi kebenaran.

Apa rasanya harus berpisah dengan seseorang yang mencintai kita dan kita pun mencintainya?
Saat menunggu orang yang kita cinta mengakhiri semua kebahagiaan semu ini, namun dia tidak jua mengambil keputusan. Seraya mengadu padaNya untuk meluruskan hatinya karena semakin lama semakin menyesakkan dada. Sesak akan kebenaran yang ingin diperjuangkan. Sesak karena ada cinta yang lebih hakiki menyelusup di setiap relung-relung kalbu.

Ahad..
Ahad..
Ahad..

Bebaskan hambaMu dari belenggu ini.
Lalu akhirnya, kata pemisah itu terucap dari dirimu.

Dan nikmat Allah yang manakah yang kau dustakan setelahnya?

Nikmat yang mana lagi? Kenikmatan saat berdua saja dengan orang yang kita cintai dan mencintai kita namun mendahului ikrar yang kuat itu? Atau ketika kita bisa menahan diri sampai tiba saatnya?

Terangkanlah kepadaku tentang orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya. Maka apakah kamu dapat menjadi pemelihara atasnya? (Al:Furqan: 43)

Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya, dan Allah membiarkannya sesat berdasarkan ilmu-Nya dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya? Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (membiarkannya sesat). Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran? (Al-Jatsiyah: 23)

Maka apakah orang yang berpegang pada keterangan yang datang dari Tuhannya sama dengan orang yang (syaitan) menjadikan dia memandang baik perbuatannya yang buruk itu dan mengikuti hawa nafsunya? (Muhammad 14)

Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sungguh Surga-lah tempat tinggal (nya) (An Nazi'at: 40)

***

"Surga balasannya, dek. Itu janji Allah, dan Allah tidak pernah mengingkari janji".
Air mata itu tidak deras. Bagaimana pun pedih dan berat hatinya, dia sangat bisa menguasai dirinya kembali, kemudian tersenyum. Kami pun tidak ragu melanjutkan wawancara ini.[]


*Rumah Biru, 2o Juni 2o11
teruntuk siapapun yang ingin mencintai seseorang karena Allah

6 komentar:

Anonymous said...

Teteh, boleh saya salin di blog saya? Jazakillah:)

Anonymous said...

Ini, Teh :
http://anginvenus.wordpress.com/2011/06/22/keputusan-yang-mengubah-hidup/
Maaf ya Teh, habis bagus banget, gak kuat gak share ke yang lain ;)

Intan Risna said...

Silakan.. Jangan lupa identitas penulis sm sumbernya ya.. :)

Anonymous said...

Identitasnya gimana, Teh? Saya hanya menulis, sumber : link ke page ini (belum berpengalaman).

Anonymous said...

great decision!

drmaya300 said...

izin share ya ukh..

Post a Comment

Jadilah seperti bintang yang indah kemilau namun sulit untuk digapai. Seperti melati begitu lembut dan suci, seperti mawar yang indah namun memiliki duri untuk melindungi diri. Ukhty moga kita bisa menjadi muslimah yang begitu lembut, anggun begitu banyak yang menginginkan namun sulit dimiliki sembarang orang karena kita teguh terhadap Allah dan Rasul.
Click to view my Personality Profile page