Saturday, January 1, 2011

Bedah: Refleksi sambil observasi

بسم الله الرحمن الرحيم
5 dari 9 minggu di bagian Bedah terasa begitu singkat. Dulu saya kira lama sekali. Ada 9 subbagian yg harus dilalui; 1 subbagian =1 minggu saja (4-5 hari efektif) mulai dari Onkologi-Urologi-Thorax-Vaskular-Anak-Plastik-Digestif-Orthopedi-Saraf (NC).
Setiap hari datang jam 6 untuk follow up pasien dengan/tanpa residen di ruangan (kec.thorax jam 5). Lanjut ikut laporan jaga IGD jam 7-8an setiap senin-rabu-jumat atau acara di setiap subdiv hari selasa-kamis. Lanjut ke poli, bimbingan dg residen, ikut acara Jurnal, kuliah bagian atau bimbingan dengan konsulen/preceptoran sampai jam 3 sore. Lanjut jaga IGD kalau ada jadwal di hari itu sampai jam 6 pagi. Terus seperti itu.. Seperti diagram pie dgn satu warna untuk durasi terjaga kita (kalau lanjut jaga). Kebayang ga ada jam tidur?

Tetep ada sih.. tidur pas jam istirahat (12-13) di hari berikutnya lumayan kan. Apalagi kalau preceptoran mundur jadi jam 2 siang.. nambah lg tidurnya :) Cari2 waktu itu penting untuk terapi efek post jaga -> ngantuk n ga mudheng berat :p



Yang pasti, pas pulang langsung hibernasi bisa sampai besok pagi.. *Bangun buat makan, sholat & kepri aja..

SERUNYA BEDAH
Apalagi kalau bukan jaga IGD XD!! Jaga bikin skill tambah oke karena ngelakuin tindakan ini itu..
Pasang infus, ambil darah vena/ arteri, hecting, pasang OGT (orogastric tube) & NGT(nasogastric tube), RT (Rectal Tusche), pasang kateter, pemfis, bantu pasang gips, lihat cystostomy, suctioning, pleurodesis, asistensi bahkan sampai naik ke OK untuk beneran jadi operator pasang CTT (chest tube thoracostomy) . Alhamdulillah.. \(^o^)/

Tindakan banyak banget. Ada yang dah bosen walaupun masih belum lancar XP.. ada juga target yg belum tercapai sampai sekarang *kosambi: on*
mari berburu..



Tapi kepentingan jaga ga hanya meningkatkan skill. Seperti kata CR (Chief Residence) Bedah sebelumya: biar biasa capek, biar bisa mikir a.k.a ambil keputusan pas capek (+ dlm kondisi gawat darurat medis).

Itu hal yang masih harus saya asah setiap kali jaga: diagnosis dan terapi/ rencana tindakan pasien emergensi. Menebak2, menduga2, mencoba membuat DK + Th.. lalu konfirmasi ke residen.. nanti kalau pas laporan jaga ada pasiennya, konfirmasi lagi dan perhatikan tindakan selanjutnya..

Susah? yoi..Susah karena ga biasa. Salah nebak dah sering.. tapi jadi sering cari tahu yg benernya apa & gimana, tho...


Tetep jaga semangat!
Belajar belajar!



00.25
G.Kemuning lt.3
nyambi 0bsv. TNRS px dg CKD

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah seperti bintang yang indah kemilau namun sulit untuk digapai. Seperti melati begitu lembut dan suci, seperti mawar yang indah namun memiliki duri untuk melindungi diri. Ukhty moga kita bisa menjadi muslimah yang begitu lembut, anggun begitu banyak yang menginginkan namun sulit dimiliki sembarang orang karena kita teguh terhadap Allah dan Rasul.