Wednesday, May 13, 2009

Menjelang SOOCA: Konsentrasi dan Sehat!

بسم الله الرحمن الرحيم

Satu hari ini. Sudah bertambah angka di kalender HPku. Semakin melankolis. Semakin cemas.
Ujian sebentar lagi!
1 dari 30 kasus 3 sistem untuk SOCA 40 menit! 30an materi skills lab untuk 12 station OSCE. Belum lagi UAS, belum lagi Compre. Otak ini terasa dibombardir @_@

Mei. HAJI OMA KASEP. Hujan Oktober-Maret, Kemarau April-September--ada yang masih inget rumus IPS ini(;?-- Hujan masih sesekali mampir di bulan ini. Bulan pancaroba apa ada kaitannya dengan musim ulet di kampus ya. Koridor & saung yang biasanya ga pernah sepi dengan rapat dan mahasiswa, sekarang yang ada kebanyakan berjingkat-jingkat karena takut dengan ulet-ulet di jalanan. Waduh, udah ah ngomongin ulet! Geli.

Eniwei, saya baru buka buku lagi. Judulnya Model Manusia Muslim abad XXI. Buku yang membawa pembacanya menemukan jawaban bagaimana Islam mengonsep penganutnya agar berkarakter kuat dan menjadi model manusia Muslim yang memesona.

Pada bab terakhir, penulis (Ust. Anis Matta) menyampaikan Dua Belas Kebiasaan Produktif yang Dianjurkan. Pada poin keempat kita dianjurkan untuk MENJAGA KONDISI FISIK. Salah satu caranya adalah beristirahat yang cukup.

Bagi saya pribadi, mendekati waktu ujian berarti mulai berperang dengan kebiasaan tidur yang agak seenaknya. Apalagi kalau kuliah sudah benar-benar selesai, barulah terasa materi untuk ujian itu sangat-banyak-sekali. Mari kita hitung: Kumpulan kasus tutorial DMS 6 cm+ HIS 4 cm + CVS 5 cm + 3 Modul OSCE + CRP + PHOP + MinLect = ???!
Ga apa-apa. Kamu bisa Tan!

Kembali ke buku. Bagaimana jika kita sedang lelah dan perlu konsentrasi? Ada 2 cara:
1. Tidur
2. Melakukan relaksasi melalui pengaturan pernapasan.


Pilih yang mana? yang pertama dong. ^^ saya ga tau cara yang kedua soalnya.
Cara terbaik untuk dapat berkonsentrasi adalah dengan tidur, tulis beliau. Otak akan kembali terstruktur dengan baik setelah bangun dari tidur. Untuk merangsang otak, ketika pertama kali bangun tidur, bacalah buku yang paling menarik bagi Anda. Setelah itu, bangun dan ambil air wudhu.

Buku yang paling menarik setelah bangun tidur menjelang ujian jelas ya.. apalagi selain lembaran bahan ujian! ;p

Ok, poin selanjutnya: Olah raga ringan yang rutin. Ada yang suka lari pagi? at least seminggu sekali deh! Lari, selain menyehatkan diri sendiri, juga bisa menyehatkan orang lain lo. Caranya? Ajak teman kamu lari! ^^

Tertulis di buku, ada beberapa bagian fisik yang sangat menentukan emosi kita. Memanah, berenang dan menungang kuda, seperti yang dianjurkan Rasul, berguna untuk menguatkan tulang punggung. Kalau ga bisa melakukan semua itu, push up, sit up, back up dkk juga bisa kita lakukan untuk memperkuat otot dan tulang tertentu.

Jadi, yang cepet pegal karena duduk saat membaca, jangan2 ga pernah OR nih?



14 Mei 2009
Spesial untuk temanku. Sumber ilmu di dunia media. Tetap sehat & Tetap Semangat belajarnya! We're the champion, not only for Olymphiart but also for the Final Exam!

2 komentar:

indra permana said...

pengen baca donk bukunya, kayaknya asik tuh...

Intan said...

boleh-boleh.. bukunya tipis ko ^^

Post a Comment

Jadilah seperti bintang yang indah kemilau namun sulit untuk digapai. Seperti melati begitu lembut dan suci, seperti mawar yang indah namun memiliki duri untuk melindungi diri. Ukhty moga kita bisa menjadi muslimah yang begitu lembut, anggun begitu banyak yang menginginkan namun sulit dimiliki sembarang orang karena kita teguh terhadap Allah dan Rasul.