Thursday, June 3, 2010

Refreshing ke Pangandaran

بسم الله الرحمن الرحيم
http://socialwhisper.files.wordpress.com/2009/06/pangandaran.jpg 

Pangandaran ternyata ok jadi tempat refreshing di sela-sela kesibukan loh. Buat saya yg seumur-umur cuma kebayang pantai kalau denger kata Pangandaran (ya iyaalah..kalau Borobudur mah candi)  akhirnya bisa kesampaian juga melihat wujud aslinya.

Rencana awal ingin pergi rame-rame tapi karena banyak yg udah punya rencana sendiri jadilah saya pergi berdua saja. Berbekal semangat 45 yg makin berkobar akibat ke"gahar"an mengarungi rentetan persiapan proposal sampai selesai seminar, kami bangun (kurang) pagi menuju Rancaekek. Rencananya jam 6 berangkat, tapi jadinya jm 8, terus jam 9 baru dapet bis ke Tasik.

Ongkos :
Angkot ke Rancaekek 2000
Bus Budiman AC langsung ke Pangandaran: 35.000, kalau ga ada bisa ke Tasik dulu.
Bus Primajasa AC ke Tasik 8000
Minibus Tasik-Pangandaran 25.000

Sekitar jam setengah 4 sore kami baru sampai di Pangandaran. Tapi belum terlihat pantainya. Untuk masuk ke dalamnya tentu kita perlu beli tiket. Tapi..psssstt... ada cara lain biar ga bayar tiket! Naik becak! Jadi yah teman2, sebenernya dari pintu utama itu kita masih harus jalan lagi ke wilayah pantai. Capek kan?? dan berhubung kami kelaperan belum makan siang maka becak jadi pilihan sekalian mampir ke tempat makan. (tenang aja, ttp legal kok)

Suasana diatas becak

Ongkos: 15000/ becak 2 orang. (Tanpa tiket)  Waktu: 15 menit-an

Jangan lupa bilang ke bapak nya untuk berhenti di tempat makan. Seafood? Jelas! Buat apa jauh-jauh ke pantai kalau mau beli lontong kari...hehehe..
Sampai di Pantai Timur, ada berderet rumah makan. Hampir semuanya menyajikan menu seafood. 

Makan: 
1/2 porsi Cumi Saus Tiram + Nasi 30.000
1 buah Kelapa Muda 5000
1 porsi Cah Kangkung 10000

Kami kecele disini ;p. Pasalnya, 1 porsi yg kami bayangkan itu BENER-BENER 1 porsi untuk 1 orang.. Eeeehh taunya bisa dimakan buat rame2 tuh! Kaget aja pas mbak2nya dateng bawa banyak makanan. Kalau cuma berdua sih mending belinya 1/4 porsi. 
Setelah berhasil mengulur-ulur waktu dan berjuang sekuat tenaga, akhirnya habis juga semua makanan itu. Yosh!

Di pesisir pantai timur Pangandaran banyak arena permainan termasuk Banana Boat. Mupeng abis. Pengen naik terus kecebur terus berenang sama ubur-ubur. Tapi apa daya ga ada persiapan sama sekali jadilah keinginan ini dipending dulu smp batas waktu yg tidak ditentukan (haalaaah)
Menyusuri pantai barat ada kios2 penjual souvenir. Murah-murah lo ternyata. Jangan lupa nawar ya!
Gantungan kunci : 2000-7.500
Sesampainya di Pantai Barat, kami disambut seekor rusa. Tadinya rusanya mau diajak foto bareng gitu deh..eh, malah pergi..
Tak ada banana boat, fishing boat pun jadi ;)
Jalan dari pantai timur cukup jauh ternyata. Sampai disini matahari malu-malu menyelimuti cahayanya, meredup jingga menghangatkan suasana, romantis boo..
 Bagus yaah sunsetnya.. ^^ 
Pas sekali cuacanya. Hari itu langit sore cerah berawan. Jadi warna langit senjanya bener2 cantik tak berkabut..eh..tak kelabu maksudnya..
  
Puas berfoto ria, menikmati deburan ombak membasahi kaki, dibelai angin laut yg sepoi-sepoi dan melihat arak2 awan dilangit yg menentramkan kami memutuskan untuk...
PULANGGGG!!! Bukan menginap, sayang sekali.Padahal masih ada objek wisata bagus disini, apalagi kalau bukan Pasir Putih.. hiks.Kalau teman2 punya waktu lebih lama, saya sarankan menginap saja di Wisma2 sekitar sini. Cari saja yg murah meriah 50rb-an/malam. Lalu lanjutkan besok paginya ke Pasir Putih naik perahu. Ongkos perahu: 10.000 perorang bolak-balik ke tempat semula di pinggir pantai. Kalau mau foto2 disana, bakalan ditungguin sama Aa-nya. 

FYI, di pantai barat maupun timur ada banyak tempat makan dan penjual souvenir. Khusus untuk beli makan lebih baik pilih di pantai barat. Khusus untuk souvenir lebih baik di pantai timur, lebih murah.
Mendekati pukul 6 kami kembali naik becak ke Terminal Bus di dekat Pintu Utama.Tak lupa ada oleh2 pasir pantai mempercantik sandal, kaos kaki dan rok kami :p

Ongkos:
Becak 10.000
Bus Budiman AC ke Cileunyi (Trayek: Pangandaran-Bandung): 35.000
Angkot Cileunyi-Gerbang Unpad 2000



Have a nice holiday @Pangandaran!
All price is in Rupiah

Februari 2010
Asrama Poma UNPAD, Jatinangor, Jawa Barat

5 komentar:

nesta said...

haha..bentar banget teh.. kami tahun lalu juga kayak gitu..tapi kami memutuskan untuk menginap..
dan melihat pemandangan yang lebih bagus lagi..
ini link cerita perjalanannya http://nestaenggra.blogspot.com/2009/06/libur-ke-pangandaran_17.html

satu kata untuk pangandaran: INDAH

Intan Risna said...

waaah..iri baca yg Nesta! ternyata masih ada batu karas ya, hiks
Indahnya jadi belum 100%. belum liat sunrise, jalan2 mlm, ke pasir putih juga.. T.T
Tp, ya gini deh, kl jalan2 modal tanya2 & kepepet pengen liburan tp waktunya sempit XD

martabakspesial said...

wah thx infonya nih
tp beneran tuh naik primajasa?
kan terkenal agak2 gmn gitu supir busnya suka ngebut ga jelas.

ehh kok cuma sehari sayang bgt tuh?

Intan Risna said...

iya, jadinya naik Primjas. Emg ngebut ga jelas sih. mepet2 nyeremin gitu..tp ternyata lebih serem yg Minibus ke Pangandaran..hehe
Besoknya ada acara kl ga salah, ga bekel baju juga. Sayang bgt kan. Udah mah cm pk sendal jepit, bw tas kecil doang. Bener2 mau main aja x.x

martabakspesial said...

keliatan sih itu sendal jepit aja dipoto..haha

rencananya sih mo ke pangandaran jumat depan sambil mampir tasik dulu, ada yg nyaranin bawa mobil, tp pgnnya sih naik bus aja kalo dikitan, skalian wisata kuliner tasik.

Post a Comment

Jadilah seperti bintang yang indah kemilau namun sulit untuk digapai. Seperti melati begitu lembut dan suci, seperti mawar yang indah namun memiliki duri untuk melindungi diri. Ukhty moga kita bisa menjadi muslimah yang begitu lembut, anggun begitu banyak yang menginginkan namun sulit dimiliki sembarang orang karena kita teguh terhadap Allah dan Rasul.