Saturday, October 16, 2010

Nyamannya bagian Mata (DM di RSMC)

بسم الله الرحمن الرحيم
3 minggu pertama jadi dokter muda, nervous mereda. Fiuuuh..
Alhamdulillah, jadi koas ga seseram yg dibayangkan. *atau belum seram? ;p
Apalagi koas di mata, di RS Mata Cicendo (RSMC)! Rapi, wangi.. dan seperti yg dibilang di buku Cosambi oleh akang teteh; sistem koas di mata yg paling teratur dibandingkan di bagian lainnya di RSHS.
Kalau yg terakhir ini sy belum punya perbandingan. Lha.. pertama masuknya di mata.. q^.^p



last minute @Cicendo. Pasca Soca & Yudisium

Seputar RSMC & Target DM
RSMC bulan lalu genap berusia 102 tahun lho teman2.. lebih tua beberapa puluh tahun dari RSHS. Keduanya, walaupun berada di jalan yg berbeda, adalah satu kesatuan rumah sakit pendidikan tipe A terutama untuk FK Unpad. Alhamdulillah, beberapa bulan lalu  RSMC diresmikan menjadi RS Mata rujukan nasional Indonesia oleh Menkes. Terbayang semua fasilitas ada disana, lengkap dan mutakhir. Paling ga operasi katarak dengan fako (phacoemulsification) sudah standar (sesuai standar Internasional saat ini) dan sering sekali dilakukan.

3 minggu disini
teman2 sama sekali ga perlu ke RSHS. Ada ruko (ruang koas) yg terletak di lantai 2 gedung pendidikan (di sebelah kiri paviliun & LASIK center). Ga jauh dari ruko ada ruang rapat yg relatif mungil yg fungsinya seperti teater untuk lecture (RPS-nya mata). Kelompok saya biasa pakai ruang itu untuk presentasi laporan BST, CRS dan CSS.

Ngapain aja selama disana?
Teman2 akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 9-10 orang dengan 1 perceptor (Konsulen) dan 1 LO (Residen senior). Hari Jumat sebelum masuk biasanya jadi hari wajib hadir untuk registrasi fingerprint (untuk absensi). Jadi jangan lupa bawa telunjuk, ya :D. 

Absensi harus dilakukan sebelum jam 7 teng dan setelah jam 15 teng. Tidak ada kompromi. Semua keterlambatan akan dievaluasi sewaktu-waktu oleh ketua P3D Mata. Sudahlah, ga perlu cari gara-gara.. daripada harus mengulang tahun depan.. ;) Lalu, Senin bertemu dengan kabag Mata dan ketua P3D juga staf terkait koas, perseptoran, dan kuliah. Yang ini saya ga hadir jadi ga tau gimana suasana disana. Katanya ada keliling RSMC dan pembagian Logbook. Selasa dan seterusnya seperti bagian lainnya, stase ke Poli, BST, CRS, CSS, RPS, tapi disini ga ada jadwal jaga.

Poli RSMC
ada 10 poli yg berarti ada subspesialisasi mata yg harus diMANFAATkan, diantaranya: Poli Retina, Poli KBR (Katarak dan Bedah Refraktif), Poli NO (neuro oftalmologi), Poli PO (Pediatrik Oftalmologi), Poli ROO (Rekonstruksi dan Onkologi), Poli Refraksi, Poli Glaukoma, dll.

Pesan saya: rajin-rajinlah ke Poli. Ga usah peduli mau dibilang kosambi *koas ambisius* juga. Ada perawat yg baik itu biasa, ada yg agak cuek juga biasa. Ada residen yang baik itu biasa, ada residen yang ga baik itu yang ga biasa. Karena residen mata itu baiikkkk banget. Jadi, jangan sungkan untuk tanya di Poli. Kalau ga ditanya ya mereka diem aja, sibuk sama pasien yang banyak banget setiap harinya. Walaupun nanti disana temen2 cm duduk atau berdiri mojok, diem aja ga masalah. "Paling tidak kalian tahu macam2 pasien disini bagaimana dan apa saja", kata salah seorang dosen. Kalau ga ada kerjaan banget di poli, baca2 status pasien lah.. pinjem aja ke perawat, terus dipelajari, dicatet seperlunya, bisa jadi bahan diskusi pas perseptoran dan  siapa tau nanti berguna pas praktek umum.

Target
12 kasus mata yg harus dikuasai (bahan BST, CRS, dan CSS)
  1. Tumor : Pterigium dan pinguekula
  2. Infeksi palpebra: hordeolum, chalazion
  3. Trauma: abrasi dll
  4. Konjungtivitis purulent & non-purulent
  5. Keratitis, ulkus kornea, dll
  6. Strabismus, ambliopia, low vision
  7. Kelainan refraksi
  8. Katarak
  9. Glaukoma
  10. Retina (ARR, DR, HR)
  11. Skleritis, uveitis,episkleritis
  12. Xerophthalmia

Juga ada target keterampilan klinik (langsung sm pasien) yg harus dikuasai selama 3 minggu.
Bisa PF mata dasar, menulis status, anamnesis smp menentukan prognosis puluhan kasus, pakai trial frame dan slit lamp, bisa ukur TIO dengan Tonometer Schiotz, liat fundus dg oftalmoskop direk, melakukan FT (fluorescence test), dan tes2 lainnya... banyakkk, listnya aja hampir 2 halaman. 
Ada lagi! Liat langsung operasi katarak; fako & M-SICS (small incision), vitrektomi di OK. Juga insisi hordeolum dan chalazion, pengangkatan corpal (corpus alienum), dll di IGD.

Terus ujian deh.. Mini C Ex dan SOCA!
3 minggu yang singkat. Sayang kalau tidak dioptimalkan. Kapan lagi bisa bebas di Cicendo, kecuali kalau nanti mau ambil spesialis mata.

Semoga bermanfaat!

5 komentar:

cherishideaanissaistanto said...

menginspirasi...
jadi pengen cepet-cepet koass ^^

Intan said...

nanti akan indah pada saatnya ^^ dinikmati aja..
teteh malah kangen sm S1

qorie fujiatma said...

wow, enak bgt kyaknya dsana :)

Anonymous said...

Leh minta lamat emailnya ngk,,,pls

Intan said...

Qorie: yuup, ^^, cerita dong disana gimana.. Disini RS khusus mata jadi bisa liat banyak kasus, Alhamdulillah..

Anonym: ^^ disini aja ya..

Post a Comment

Jadilah seperti bintang yang indah kemilau namun sulit untuk digapai. Seperti melati begitu lembut dan suci, seperti mawar yang indah namun memiliki duri untuk melindungi diri. Ukhty moga kita bisa menjadi muslimah yang begitu lembut, anggun begitu banyak yang menginginkan namun sulit dimiliki sembarang orang karena kita teguh terhadap Allah dan Rasul.