Tuesday, February 15, 2011

The Salty Sweety Holiday

بسم الله الرحمن الرحيم
Seminggu spacing, bingung mau ngapain *padahal agenda di buku masih bejibun*
Hari pertama, senin, jadi recovery day setelah jaga 'papan catur' dari senin lalu (chief)- rabu (NC)-jumat(NC)-minggu(NC). Teparnyaaaa...

Bangun siang, cari2 bahan untuk kue. Malah ketemu bahan untuk bubur jagung. Oke lah.. kita masak bubur jagung! yang mau lihat resepnya disini. Beres bikin bubur, ngantuk lagi..-_-ll. Terus bikin pengumuman ke adik2 & ortu yang mau bubur jagung udah mateng. Saya? tidur zZZzzz...
Saya cuma seneng masaknya aja.. makannya nantilah habis bangun.

Ternyata..
Ternyata bangun2 buburnya dah abis..
Tegaaaa
"Lhoo, kirain tadi udah makan?", tanya adik, innocent.
Yaweis, yaweis.. Sudah senang kalau masakan saya ada yg ngabisin. Padahal agak kemanisan menurut saya.

Hari lainnya, pengen buat kastengel..*impulsif*
Siapa yg ga tau kue beken yg satu ini? kue2 hari raya yg rasanya gurih &asin --efek keju-bukan-garam-- temennya nastar gitu. Kalau saya lebih suka kastengel dan kalau diingat2 kayaknya masih ada keju edam di kulkas.

Kastengel
Alat : loyang pipih, parutan keju, pengocok, dan spatel plastik/ karet, wadah untuk mencampur, oven.                         Bahan: Margarin 185 gram
    butter 15 gram
    Tepung terigu  250 gram, ayak
    Kuning telur 3 butir
    Keju edam 100 gram, parut
    Keju cheddar 75 gram, parut
    Kuning telur 1 butir, kocok, untuk olesan

Cara membuat :

1. Kocok margarin dan butter hingga lembut.
2. Masukkan kuning telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
3. Tambahkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatel hingga rata
4. Masukkan keju edam, aduk kembali hingga rata.
5. Pipihkan adonan, pakai roller lebih baik. Kalau ga ada pakai gelas silinder jg bisa, sampai tebal sekitar 1 cm.
6. potong adonan dengan panjang 3x1 cm, rapikan. Letakkan adonan di atas loyang bersemir margarin. Oles permukaan adonan dengan kuning telur dan taburi keju cheddar.
7. Panggang adonan dalam oven bersuhu 160°C selama ±20 menit hingga matang. Angkat dan biarkan dingin.

Masih ada sisa adonan kue.. yuhuu.. mari kita berkreasi. D untuk Dina, P untuk Papa, M untuk mama, D untuk Dimas, P untuk Prima, I dan N untuk Intan. Karena I nya banyak, jadi yg buat saya juga banyak..heheh..*kayak anak TK aja, tan*
Taraaa.. kastengel lezat sudah jadi.. kalau suka dan ada, bisa juga buat kastengel bulat berisi coklat :) . Yg diatas itu isinya coklat batang yg diremuk. Kalau ada meses jg bisa. Atau ada selai juga oke. Jadinya bener2 mirip nastar sih, tapi ada topping cheddar serabutan yg menggugah selera..
Selesai dengan kastengel, ga lupa untuk segera nyicip atau kejadian kemarin terulang, hiks..
Kita beralih ke resep berikutnya.. RISOL atau RISOLE atau RISOLES --apapun tulisannya, yang penting minumnya teh b*tol ***ro (halah)
Belum pernah bikin nih..tapi pengen nyoba risol kentang.. Setelah dicek sana-sini maupun dengan manipulasi resep, semua bahan ada tapi sedihnya satu lagi bahan penting ga punya... :((
Berhubung saya ga punya mayonaise, jadi saya tunda deh bikinnya.. belanja dulu yaa! see ya next time!

4 komentar:

Diary Vazha said...

kayaknya yg isinya cokelat enak... :p~

Intan said...

^^, betul2.. tp semuanya jg enak lho

-Rumahnye Ni Aeni- said...

wah ntan keren ya bisa masak ...

mb ni ga bisa masak nih,, huks klo mb ni niat masak langsung heboh dah kosan, alhasil jadi ga pede mau masak apa, kayaknya kaku juga nih tangan padahal cuma masak nasi goreng (*efek 1,5 tahun koas ,bikin tangan mb ni jadi kaku pegang sodet ..huks..huks

Intan said...

aaa..mb Ni merendah nih..mungkin kl ditinggal langsung keluar jiwa chefnya..hehe..
sekarang mah dah magang ya..bisa dong mbak masak2 lagi.. ;)

Post a Comment

Jadilah seperti bintang yang indah kemilau namun sulit untuk digapai. Seperti melati begitu lembut dan suci, seperti mawar yang indah namun memiliki duri untuk melindungi diri. Ukhty moga kita bisa menjadi muslimah yang begitu lembut, anggun begitu banyak yang menginginkan namun sulit dimiliki sembarang orang karena kita teguh terhadap Allah dan Rasul.