Monday, April 25, 2011

Kuliner Malaysia, slurrrph!

بسم الله الرحمن الرحيم
Ini dia daftar kuliner pilihan senior saya yg asli dari Malaysia. Dipilih dengan pikiran setengah jernih, perut lapar, sambil browsing melihat penampakannya dan mentranslate bahan-bahan dan cara memasaknya (resep tidak ditulis disini). Silakan menikmati gambarnya :D
*Thanks a lot, K'Maya :)

Masak lemak cili api
ketam masak cili api



ikan masak lemak cili api
 
Asam pedas

ayam asam pedas

ikan asam pedas. Kuahnya asem bener asem, pedesnya jg bener2 pedes! must try! bikin nagih walaupun mata nyipit2 nahan asemnya..

ayam percik
ayam percik
ayam percik
   

serimuka (ini gabungan antara talam dan ketan gitu..)
serimuka
serimuka

popiah basah (sodaraan sama lumpia basah :p)
popiah basah
popiah basah

kuih bakar
kuih/kueh bakar


kuih bakar

kaswi
kaswi
Add caption

bingka ubi
bingka ubi
 
koci (kue bugis niii.. :))
koci
ketan kukus berisi gula merah

karipap (kalau di kita namanya pastel)
karipap
karipap

ABC (air batu campur)
air batu campur. kalau kita bilang es campur. Campuran antara es serut dan buah, agar, susu, gula, dll.
ABC

sarang semut
kalau googling pk kata kunci itu, bakal dapet sarang semut asli begini:
Add caption
padahal yang dimaksud itu  begini..hehe
kuih sarang semut

kek sarang semut. (kl kita bilangnya bolu karamel :))

nasi lemak
nasi yg dimasak dg santan, dimakan bareng telur, ikan, teri, timun, sambel..enak lhooo..mirip2 nasi uduk

nasi ayam
nasi ayam madu

nasi ayam hainan
nasi briyani
nasi briyani
nasi briyani..hm..sekilas ky nasi kuning ya

nasi minyak
nasi minyak. nasi yg biasanya ada di acara khusus seperti nikahan. minyak disini maksudnya bukan minyak goreng (nabati) tapi minyak sapi. Bentuknya ky margarin tp bahannya dari lemak sapi. Di indonesia ga ada ya..^^



ayam masak merah
ayam masak merah

gimana gimana? ngeliatnya aja bikin keroncongan kan..
makin laper sayaa... :9

3 komentar:

tami said...

teh intaan :) bentuk kuih/kueh bakarnya mirip bgt sm kue bolu kemojo khas riau.. mungkin krn emang tetanggaan bgt sm malaysia kali ya? foto pertama yg ada udangnya bikin lapeer... hayo tanggung jawab teh..

Menuju Bening Hati said...

asam pedas-nya juga khas riau teeeeh.. (orang riau marah, hehe)

Intan said...

tami: wah sama ya? mungkin ikut2an di ekspor sama pemerintah jadi sampai kesana..he. tp bedanya teteh belum pernah coba rasain dua2nya. Tami nih..teteh jd pengen.. ;p

Menuju Bening Hati: waduh..ini dua2nya yg komentar orang Riau ya.. ^^v
Sok atuh, segera dipatenkan..^^

Post a Comment

Jadilah seperti bintang yang indah kemilau namun sulit untuk digapai. Seperti melati begitu lembut dan suci, seperti mawar yang indah namun memiliki duri untuk melindungi diri. Ukhty moga kita bisa menjadi muslimah yang begitu lembut, anggun begitu banyak yang menginginkan namun sulit dimiliki sembarang orang karena kita teguh terhadap Allah dan Rasul.