Monday, July 11, 2011

Membuat Favicon di Blogger!

بسم الله الرحمن الرحيم
Fitur baru dari blogger kali ini adalah FAVICON! bagi teman-teman yang masih bingung tentang favicon, favicon adalah kependekan dari favourite icon yaitu icon kecil yang berada di samping alamat blog atau website. Seperti ini:

Fitur baru ini sudah lama dipunyai wordpress, tidak seperti blogger yang harus membuat secara manual mulai dari upload icon sampai mengedit HTML yang merepotkan. Itu dulu. Kini, cara membuat favicon di blogger tinggal klik tulisan [edit] disebelah tulisan Favicon (lihat gambar). Kalau berhasil, favicon blogger (huruf "B" dikelilingi area oranye) akan berganti dengan favicon kita.


Kalau gambar favicon tidak bisa di upload, mungkin karena masih dalam format .jpg, .gif, .png dll atau bentuknya tidak persegi. Solusinya, teman-teman harus memformat gambar favicon menjadi .ico dengan cara: >> menggunakan tool Favicon Generator, silahkan kunjungi situs http://www.favicongenerator.com
atau
>> kalau membuat gambarnya dengan Corel, tinggal save dengan format .ICO (bukan .CDR atau JPEG, dll)
Ingat, bikinnya harus persegi, biasanya kurang dari 100x100 pixel.
 
 

Kalau sudah, tinggal di save. Selesai!
Semoga bermanfaat!

4 komentar:

Pinuz said...

terima kasih kang atas info nya tentang favicon.
saya tanya nih, bagaimana ganti template yang sesuai dengan keinginan kita? berulang kali saya coba, namun hasil nya selalu banyak item yag nggak kompatible, malah letak dari setiap wiged ikut berunah juga.
dan kalau boleh tau, abang ni cari template dmana, bagus banget bang...

Pinuz said...

mav, sya nggak lihat tadi kalau author nya cewek, mohon dibantu y mbakk..

Intan Risna said...

saya masih belajar juga nih ngulik blog. Ini juga template gratisan searching di google, cuma di edit-edit dikit.

Memang kalau kita ganti template, widget/gadget yang dulu menyesuaikan dengan template yg baru. Jadi bisa aja ada yang hilang. Saran saya, di back-up dulu kode setiap widget yang kita punya (copas di word/notepad)sebelum ganti template. Nanti tinggal ditambah satu-persatu ke template yg baru.

Joharmansyah said...

mantap gan,,,,boleh dicoba nich....
http://various-gadgets.blogspot.com

Post a Comment

Jadilah seperti bintang yang indah kemilau namun sulit untuk digapai. Seperti melati begitu lembut dan suci, seperti mawar yang indah namun memiliki duri untuk melindungi diri. Ukhty moga kita bisa menjadi muslimah yang begitu lembut, anggun begitu banyak yang menginginkan namun sulit dimiliki sembarang orang karena kita teguh terhadap Allah dan Rasul.
Click to view my Personality Profile page