Saturday, December 31, 2011

Obgin Obsgin Obsgyn

بسم الله الرحمن الرحيم
What's in a name? tanya Juliet dalam monolognya. Sebutan bagian Obstetri dan Ginekologi bermacam-macam ya di setiap fakultas. Di Unpad pakai bahasa Indonesia; Bagian Obstetri dan Ginekologi, disingkat Obgin, dibaca objin (bukan obhin *belanda mode hehe). Yah, what's in a name? ~ Apalah arti sebuah nama (baca: singkatan), toh pengertiannya sama saja. Kalau serunya, apakah sama?

Saya baru 1 minggu menjalani rotasi obgin. Kata senior, obgin termasuk rotasi yang menyenangkan. Tanya kenapa? saya juga masih bertanya-tanya. Kata kelompok sebelumnya, rotasi ini seru karena banyak kondisi yang memaksa kita untuk belajar dengan menyenangkan. Masih abstrak rupanya, tapi perlahan faktanya terurai dari hari ke hari..

Hari pertama bertemu dengan CP untuk dokter muda di bagian administrasi.
Lalu bertemu  dan disambut oleh Kepala bagian dan Koordinator PSPD yg sangat baik, tegas dan peduli.
Lalu diberi pengantar obgin.
Lalu CBT -semacam skill's lab- proses persalinan, bimanual plasenta dan pemasangan IUD oleh bidan senior.
Lalu menjahit episiotomi dipandu residen senior langsung di v*gina b*bi (maaf)
Lalu..
Masih banyak hal-hal dari bagian ini yang menyenangkan selain bagian ini adalah rotasi terakhir bagi saya sebelum sumpah dokter (aamiin, insyaAllah).

Semoga 8 minggu berikutnya juga tidak kalah menyenangkan :) literally fun!



2 komentar:

anginvenus said...

Wah, sebentar lagi sumpah dokter ya Teh? Barakallah fii 'ilmiki :)

Intan said...

iya, aamiin insyaAllah ^^,

Post a Comment

Jadilah seperti bintang yang indah kemilau namun sulit untuk digapai. Seperti melati begitu lembut dan suci, seperti mawar yang indah namun memiliki duri untuk melindungi diri. Ukhty moga kita bisa menjadi muslimah yang begitu lembut, anggun begitu banyak yang menginginkan namun sulit dimiliki sembarang orang karena kita teguh terhadap Allah dan Rasul.