Monday, July 30, 2012

Tetap Maksimal Beribadah Saat Haid

بسم الله الرحمن الرحيم
Assalamu'alaikum. Hi girls, mendapati haid bukan berarti melenakan tubuh dengan bermalas-malasan. Liburan dari sholat, salah satunya, tidak lantas menjadikan kita libur dari berburu pahala lho. Apalagi sekarang bulan Ramadhan, bulan yang setiap pahala ibadah nilainya berlipat-lipat ganda. Rugi bandarlah yang haid saat Ramadhan? Merasa uring-uringan bin kebingungan karena gak tau ibadah apa yang harus dikerjakan? Gak lagi-lagi deh setelah lanjut baca yang satu ini. 

Definisi Haid
Sayyid Sabiq dalam bukunya, Fiqh Sunnah, menjelaskan tentang haid menurut bahasa berarti "mengalir" (as-sailan). Sedangkan menurut istilah bermakna darah yang keluar dari kemaluan wanita sewaktu dalam kondisi sehat, bukan disebabkan oleh melahirkan atau cedera. 

Secara medis, haid adalah berdarahan secara periodik dan siklik dari rahim, disertai pelepasan dinding rahim. Jelasnya, setiap bulan wanita dewasa akan mengalami perdarahan yang disebabkan oleh peluruhan dinding rahim akibat tidak terjadi pembuahan sel telur oleh sperma. 

Komponen Darah Haid
Darah haid tidak hanya berisi darah. Ada tiga komponen darah haid:
1. Darah
Darah ada adalah komponen utama darah haid (menstruum). Ketika lapisan dinding rahim meluruh, pembuluh darah kecil robek sehingga mengalirkan darah. Pembuluh darah ini akan tertutup (konstriksi) secara normal dan perdarahan pun berhenti
2. Endometrium
Endometrium adalah lapisan rahim yang terdalam. Lapisan ini terdiri dari sel-sel dan jaringan-jaringan yang sudah mati yang keluar seperti gumpalan-gumpalan kecil saat haid.
3. Sel telur 
Sel telur yang tidak dibuahi, satu sel saja, akan meluruh bersama darah haid. Sel ini tidak tampak secara kasat mata.

Karakteristik Darah Haid
Siklus haid normalnya berkisar antara 21-35 hari (rata-rata 28 hari). Lama haid sekitar 3-7 hari. Volume darah yang dibuang sekitar 30-50 ml setiap bulannya. Bila lebih dari 80 ml, haid dikatakan mengalami gangguan (berlebihan). Setiap perempuan memiliki pengalaman masing-masing dalam menentukan kadar darah haidnya berdasarkan seberapa kering/ basah dan jumlah pembalut yang dipakainya setiap haid datang.

Warna darah haid bermacam-macam. Biasanya warnanya merah terang seperti darah dari luka teriris pisau terutama saat awal haid. Warnanya akan lebih gelap (coklat atau hitam) seiring berakhirnya masa haid.

Konsistensi darah haid seperti darah nomal yang keluar dari luka iris. Darah haid juga bisa lebih cair dan tipis lapisannya. Bau darah haid tidak menyengat. Darah haid akan berbau tidak enak bila menetap di dekat vagina 6-8 jam atau terjadi infeksi. Darah haid juga tidak menggumpal karena mengandung zat kimia (antikoagulan) yang mencegah penggumpalan darah. Gumpalan-gumpalan kecil yang terlihat bila haid adalah jaringan dari dinding endometrium.

Hukum Islam Terkait Haid


bersambung ke bagian (2)

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah seperti bintang yang indah kemilau namun sulit untuk digapai. Seperti melati begitu lembut dan suci, seperti mawar yang indah namun memiliki duri untuk melindungi diri. Ukhty moga kita bisa menjadi muslimah yang begitu lembut, anggun begitu banyak yang menginginkan namun sulit dimiliki sembarang orang karena kita teguh terhadap Allah dan Rasul.