Monday, June 15, 2009

Air Sehat (1)

بسم الله الرحمن الرحيم

Tubuh manusia mengandung 70% air (kira-kira 55-60 liter air). Berarti besarnya peranan air bagi hidup kita minimal 70% dan akan bertambah besar seiring meningkatnya kebutuhan kebersihan lainnya. Umumnya dengan meminum 8-10 gelas air putih sehari dapat memenuhi kebutuhan.




Fungsi air minum:

1. Mengontrol suhu tubuh

2. Faktor penting untuk pencernaan dan penyerapan nutrisi ke dalam tubuh. Membawa oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh bagian tubuh kita sehingga semua sel dan organ tubuh termasuk otak, ginjal, jantung, limpa, paru-paru dapat tetap hidup dan berfungsi dengan baik.

3. Detoksifikasi, membawa sisa-sisa pembakaran tubuh termasuk racun-racun ke alat sekresi sehingga metabolisme tubuh berjalan baik. Ini berarti semua zat yang ada di dalam air minum ikut ke dalam tubuh dan peredaran darah kita.

4. Fungsi lainnya bagi kesehatan adalah kulit menjadi lebih sehat, membantu penurunan berat badan, menurunkan resiko serangan jantung, membantu sendi dan otot menjadi rileks, melancarkan proses buang air besar dan menambah energi serta kesegaran tubuh.

Dalam sehari tubuh manusia kehilangan sekitar 10 gelas kecil air akibat proses pernapasan, keringat dan pembuangan lainnya. Mengkonsumsi kafein dan merokok dapat mempercepat dehidrasi. Adapun akibat yang ditimbulkan akibat kekurangan air dalam tubuh sebagai berikut:

1. Kita akan teracuni hingga mati oleh kotoran dalam tubuh kita sendiri.
2. Mengalami pandangan yang buram, rasa penat, mual, pusing saat bangun tidur (hangover), lesu hingga sembelit.
3. Gangguan ginjal, gangguan fungsi liver dan infeksi sistem air seni.
4. Hipertensi, nyeri punggung, radang sendi, bengkak bernanah dan asma.
5. Penurunan 5% stok air dalam tubuh menyebabkan seseorang kehilangan 30% energinya.

Ciri-ciri air yang layak minum

1. Jernih, tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna.

2. Suhunya sebaiknya sejuk dan tidak panas.

3. Bebas unsur-unsurkimia yang berbahaya seperti besi (Fe), seng (Zn), raksa (Hg) dan mangan (Mn).

4. Tidak mengandung unsur mikrobiologi yang membahayakan seperti coli tinja dan total coliforms.

http://www.litbang.depkes.go.id/aktual/kliping/air220306.htm

15 Juni 2009
Inspired by PHOP II Final Exam
(x_x)

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah seperti bintang yang indah kemilau namun sulit untuk digapai. Seperti melati begitu lembut dan suci, seperti mawar yang indah namun memiliki duri untuk melindungi diri. Ukhty moga kita bisa menjadi muslimah yang begitu lembut, anggun begitu banyak yang menginginkan namun sulit dimiliki sembarang orang karena kita teguh terhadap Allah dan Rasul.