Friday, August 7, 2009

Suka bikin roti? Bantu saya dong

بسم الله الرحمن الرحيم
Anda hobi bikin roti dan kue? Mungkin bisa bantu saya menemukan apa itu molasses di Indonesia. Molasses menurut om Wiki (wikipedia-red) adalah jenis gula bewarna coklat kehitaman. Konsistensinya kental. Derivat pengolahan gula yang ketiga. Rasanya manis seperti madu, juga sesuatu-yg-tidak-bisa-saya-jelaskan. Kenapa? krn sy belum pernah menemukan dan melihat molasses itu nyatanya. Kalau lihat di video prakteknya ya seperti yg saya jabarkan diatas.

Saya butuh ini untuk membuat gingerbread (lihat foto 1). Terlihat seperti brownies kukus, tapi bukan la.. yg ini dipanggang di oven.

Ada plihan lain pengganti molasses, kata om Wiki,
There are a number of substitutions that can be made for molasses. For a cup of molasses, the following may be used (with varying degrees of success): 1 cup of honey; ¾ cup of firmly packed brown sugar; 1 cup of dark corn syrup; 1 cup of granulated sugar with ¼ cup of water; or 1 cup of pure maple syrup.

Yah, bukannya makin simpel, malah makin pusing cari bahannya dimana, terutama corn syrup dan maple syrup. Malah kata om-om yg lain bukan ginger bread kalau ga pakai molasses!


Eniwei, yang jadi pertanyaan kedua adalah: 1 CUP itu berapa cc yah?
Habis om Wiki bilang ada berbagai versi. Tergantung negara mana yg pakai. Di US sendiri ada bbrp macam. Ada yg punya ide beli cup dimana tanpa harus pergi ke Amrik? *ntar mahal di ongkos pula*

Resep simpel gingerbread, silakan lihat sekaligus dengan praktek membuatnya disini:
Gingerbread with Lemon Glaze


resep lainnya yg ga kalah simpel:
Homemade Dinner Rolls






Okey, tolong kabar-kabari kalau anda punya info tentang pertanyaan saya.
Hatur nuhun...

2 komentar:

Anonymous said...

molasses itu di indonesia biasa disebut tetes tebu

Unknown said...

salam kenal, saya tendy dari kuningan-Cirebon. mba ini hanya sekedar info saja barangkali mba dan kawan2 butuh molasses. kami menyediakan molasses yg sudah dimasukan kedalam jerigen beratnya 32-33Kg/jerigen. adapun harga yg kami tawarkan adalah Rp 100.000/jerigen (belum termasuk ongkos kirim). untuk order minimal 100 jerigen. barangkali berminat bisa menghubungi saya di: 085718266123 (tendy). terima kasih

Post a Comment

Jadilah seperti bintang yang indah kemilau namun sulit untuk digapai. Seperti melati begitu lembut dan suci, seperti mawar yang indah namun memiliki duri untuk melindungi diri. Ukhty moga kita bisa menjadi muslimah yang begitu lembut, anggun begitu banyak yang menginginkan namun sulit dimiliki sembarang orang karena kita teguh terhadap Allah dan Rasul.
Click to view my Personality Profile page