Saturday, July 17, 2010

Deutsch Lernen, Belajar Bahasa Jerman Yook!

بسم الله الرحمن الرحيم
Beberapa waktu lalu--beberapa tahun yg lalu lebih tepatnya--ada tawaran acara sehari: Mentoring Bahasa Jerman. Jujur, yg terbayang oleh saya adalah mentoring agama berbahasa Jerman. Istilah mentoring terlalu akrab seperti itu di benak saya. Berbekal ketertarikan terhadap sang pementor, tanpa ba-bi-bu saya ikut acara itu. Eh, sesampainya disana, buyarlah angan-angan saya. Ternyata yg saya dapati adalah promosi les bahasa Jerman; 2 jam gratis!!!! Akhirnya, petuah ruhani kandas, petuah ilmu bahasa meruah. Hoho..tetep asiklah pokoknya. Germany (Deutschland), one of my top ten countries that should be visited (or even.. stayed in ;) ) aamiin...

Pengantar (Vorwort)
Alfabet Jerman menggunakan 26 alfabet Latin standar, ditambah 3 umlaut yaitu huruf yg berubah bunyi ö, ü, ä. Selain itu ada eszett (ß) atau dikenal juga dengan "scharfes S" (huruf S yg tajam).
Ibu mentor bilang, bahasa jerman itu diucapkan seperti bahasa indonesia apa adanya. Waktu itu, Intan yg polos nurut aja daaah.. dan akhir2 ini, setelah sy belajar lebih lanjut (otodidak mode) ternyata bahasa indonesia tetep nomer satu untuk kategori: APA ADANYA, simply what you see is what you read.

Semua alfabet dari A-Z dibaca apa adanya kecuali:
c - tse
j - yot
v - vaw
w - ve
x - ix
y - ypsilon --> lafalkan dengan bibir seperti ingin mengucapkan u tapi suarakan dengan i panjang--> iiiipsilon.
z - tset

dan umlaut--yg dibaca mirip diftong dalam bahasa inggris :
ö - o (e)  --> lafalkan dengan menggabungkan vokal o dan e (coba sambil ngaca, pasti kaget ngeliat bentuk bibir temen2, heuheu..kalau  a tebal dalam bahasa arab mah pada bisa ya. Itu lho, vokal yg kebanyakan orang menulisnya dengan o (e.g roji'un, innalloha, etc) padahal memang diucapkan a tapi terdengar o karena tebal. Mungkin di lain waktu, lain tempat, lain blog, lain orang yg mengajarkan ini ya ^^)
ü - u (e)
ä - e

ß - es

okeiiii, lets try to read some words below out loud!
1. Ich komme aus Indonesien
[ ih kome aus indonesien] --> saya berasal dari Indonesia
2. Ball - Kafee - Schokolade
[bal, kafee, shokolade] --> bola, kopi, cokelat
3. Näher - öffnen - züruck
[Neeyer, o(e)fnen, cu(e)ruk] --> lebih dekat, membuka, kembali
4. Straße - Fußball
[strase, fusbal] --> jalan, sepak bola

gimana2?
Oya, satu lagi sebelum sy akhiri sekilas apa yg saya pelajari waktu itu..
vokal ei dibaca ai
vokal eu dibaca oi
contoh: Einstein dibaca ainstain, Freud dibaca froid, dan masih banyak lagi.

Menarik kan? At least saya ga salah baca nama-nama orang penting itu. Masih kurang? Coba deh baca kata pertama di judul postingan ini ^^
Kalau mau belajar listening langsung dari native speaker, silakan ke Jerman! @_@
Atau mau murah meriah bahkan gratis? minta sodara Jerman untuk ajarin aja...hehe..kalau punya..
Atau download software belajar bahasa Jerman (tolong kl temen2 punya linknya, kirim ke email sy amaryllis_05@yahoo.com atau komentar langsung di postingan ini..ya yaa.. ^^)*ketauan ga punya..hihi
Kalau sekedar mendengarkan sambil nambah2 ilmu, Youtube bisa jadi sarana yg ok. Silakan di search: Deutsch lernen A1. Ada beberapa materi dasar seperti Wochentag (nama2 hari), der vier Jahreszeiten (nama 4 musim), dsb.

Auf Wiedersehen.
[auf viiderzeyen]
Bye!

3 komentar:

Marissa (icHa) said...

bikin yg bahasa korea jg dwonkkss..
aku suka 2 bahasa ini :D

Intan said...

hehehe..maunya.
tapi:
1. aku belum pernah sm sekali belajar
2. ga tau cara ngubah font di key board biar jadi huruf korea (hang-eul atau hang-eoul yah namanya.. )

DiLA zOlDiQ said...

pake software "readwrite korean" ntuk nulis hangul...

Post a Comment

Jadilah seperti bintang yang indah kemilau namun sulit untuk digapai. Seperti melati begitu lembut dan suci, seperti mawar yang indah namun memiliki duri untuk melindungi diri. Ukhty moga kita bisa menjadi muslimah yang begitu lembut, anggun begitu banyak yang menginginkan namun sulit dimiliki sembarang orang karena kita teguh terhadap Allah dan Rasul.