Wednesday, July 21, 2010

Magang di Klinik

بسم الله الرحمن الرحيم
Alhamdulillah..
Hari ini:
1. Belajar bahasa sunda lagi, walaupun bahasa percakapan standar untuk anamnesis. Come on, Intan..
2. Belajar membangun dan manajemen klinik dari awal. Subhanallah.. Sy bertemu dengan a real entrepreuner! Sangat2 menginspirasi. Jadi terpikir untuk mengelola klinik di depan rumah nenek yg sudah bertahun2 di sewa jadi praktek pribadi beberapa dokter. Tring! Tring! Banyak lampu hijau nih..Doakan semoga bisa terwujud.
3. Belajar menyuntik IM. Saya lupa mengaspirasi, agak fatal, sakitnya lebih lama kata senior. Tapi, dijamin fatal dan ga lulus OSCE kalau teman2 ga melakukan step itu. Rrrrh, dulu pas OSCE lancar banget Alhamdulillah. Memang ya, OSCE ga menjamin mutu skill kita terhadap pasien. Nyatanya, nanti semua skill di kuliah akan dikenakan bukan pada manekin, tapi pasien yg bisa mengaduh, bikin deg2an, mengeluarkan darah bahkan membuat ingatan kita terhadap steplist tindakan buyar melebihi kebuyaran menghadapi penguji.
4. Dapet info nama dagang obat generik maupun paten. Jangan salah, banyak kerabat yg nanya "Eh, Tan, Vos*a itu obat apa sih?", "kalau ini obat untuk apa?", sambil ngasih strip obat tanpa ada keterangan konten obat generiknya.. waaah.. *tarik nafas*
5. Update bikin resep untuk anak2...
amox itu 20-40 mg/kgBB/hr
pct itu 10-15 mg/kgBB/hr
thiampenicol itu 50 mg/kgBB/hr
dsb.. tp ga ada pasien anak hari ini..sayang sekali..
6. Pengobatan herpes! acyclovir tablet 400 mg dosisnya berapa coba? 5 x 2! banyak bener..bayangin aja kalau harus seminggu pengobatan sekali resep berapa strip obat??!!
7. Ketemu senior yg bertetangga baik selama beliau S1, nambah2 info ttg magang mereka yg kalau mulai angkatan sy udah ga ada lagi, berganti dengan internship..
8. Diskusi beberapa kasus: PNH, Hipertensi Emergensi, ITP, Furuncle, TB, ISPA, Diare, Ca Testis, dll..Heran ga? kliniknya di desa loh.. penyakitnya ga biasa gitu..
9. ..many more..

Alhamdulillah, semoga jadi bekal ilmu untuk menjadi dan selama jadi dokter kelak...^^

3 komentar:

cherishideaanissaistanto said...

jadi pengen cepet-cepet koasss....

cherishideaanissaistanto said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Intan said...

teteh malah ga pengen cepet2 >,<
semangat che!

Post a Comment

Jadilah seperti bintang yang indah kemilau namun sulit untuk digapai. Seperti melati begitu lembut dan suci, seperti mawar yang indah namun memiliki duri untuk melindungi diri. Ukhty moga kita bisa menjadi muslimah yang begitu lembut, anggun begitu banyak yang menginginkan namun sulit dimiliki sembarang orang karena kita teguh terhadap Allah dan Rasul.