Monday, December 6, 2010

Buat yang belum koas (PBL only)

بسم الله الرحمن الرحيم
Buat adik2 FK di manapun berada yang sudah full-PBL maupun yg hybrid, terutama buat yg masih di Jatinangor (FK Unpad), saran saya...
1. Simpan baik2 lembar2 case tutorial. Lebih baik setiap LI ditata sistematis, jadi setiap akhir case tinggal nyelipin case reviewnya aja.. Jadi nanti di akhir sistem/blok ga repot nyatuin seluruh case terus di jilid (atau dibundel, apapun itu)

Kepentingannya:
a. Memudahkan kita saat ngereview buat MDE/ SOOCA
b. Ga berantakan tentunya
c. Memudahkan kita saat ngereview case saat KOAAASSS! Total case yang ditutorialkan pertahun hanya sekitar 30, jadi 3,5 tahun ada 100-an case. Sementara di SKDI ada berapa kasus yang harus kita kuasai? Banyaaakkk!
Nah, oleh karena itu, 100 case yang di'lempar'kan saat tutorial adalah case2 khas/umum yg benar2 harus dikuasai oleh dokter2 umum nantinya. Dan benar saja, saat koas kasus2nya pun adalah yg kita pernah pelajari saat kuliah dulu.

2. Pelajari sign & symptoms -> DD
Pernah terlintas kah? saat lembar pertama case dibagikan kita sibuk memikirkan diagnosis kerjanya apa?
Lalu setelah LI dibagikan, sementara lembar menjelang Epilog belum ditangan, kita buru2 menagih-nagih Tutor untuk membagikannya hari itu juga *karena biasanya ada DK/nya disana :p*?
Hati-hati.. Cukup saya yang terjebak. Pasien kan datang ga membawa diagnosis penyakit, tapi bermacam2 keluhan. Nasihat ini seeeerrriing sekali disampaikan tutor. Jadi, yang perlu ditanamkan dalam mindset kita adalah "kira2 Keluhan Utama pasien A apa saja kemungkinan penyakitnya ya?" "Keluhan lain pasien apa saja?" Lalu muncul DD. Dan dari DD/ yg terkumpul itulah yg kita pelajari. APA SIH PERBEDAANnya?
Jadi, nanti kesimpulan DKnya kan cuma satu. Tapi, kita jadi tau penyakit2 yg serupa-tapi-tak-sama :)
Dari 1 triggered-case, kita bisa belajar lebih banyak hal, kan. That what a PBL is!

Kepentingannya: Nanti di koas case2 itu jadi hiduupppp xp, dan tiba2 saya jadi bodoh

3. Simpan Manual Skill's Lab! Catat hal2 penting yang disampaikan tutor saat Introduction/di Ruangan.
Penting, penting banget nanti saat kita mau melakukan tindakan ke pasien. Itu Skill's Lab benar2 SOP yg benar2 enak dibaca & dipelajari lagi. Isinya kebanyakan dari Bate's memang, tapi kan Bate's berat dibawa2 ya.. ^^"

Good luck!

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah seperti bintang yang indah kemilau namun sulit untuk digapai. Seperti melati begitu lembut dan suci, seperti mawar yang indah namun memiliki duri untuk melindungi diri. Ukhty moga kita bisa menjadi muslimah yang begitu lembut, anggun begitu banyak yang menginginkan namun sulit dimiliki sembarang orang karena kita teguh terhadap Allah dan Rasul.