Saturday, October 23, 2010

ISPA di Gimul

بسم الله الرحمن الرحيم
Senin lalu, hari pertama masuk gimul. Baru juga setengah hari, badan saya tiba-tiba ga enak. Pusing.
Tenggorokan sakit..ahh iya, saya buat case report aja ya, biar agak ilmiah, hehe. Begini ceritanya..

Seorang wanita bernama IR (22 tahun) mengeluhkan sakit pada tenggorokannya sejak 5 hari yang lalu disertai demam, sesak nafas, pegal badan dan sakit kepala. Setiap hari keluhannya dirasakan semakin memburuk sehingga mengganggu aktivitasnya. Tidak ada perubahan pada suaranya. Tidak ada riwayat trauma atau memakan makanan dan minuman yang mengiritasi tenggorokan. Tidak ada riwayat sakit telinga dan saluran pernapasan sebelumnya. Riwayat asthma dan alergi disangkal.

KU:
Compos mentis, Sakit sedang.
PF T: 110/80    N: 104     R: 28    S: 37,5

Karena keluhannya, IR meminum OTC yang mengandung asetaminofen, CTM, GG dan DMP tiga kali sehari selama 4 hari. Kini keluhannya berangsur membaik.

Pertanyaan:
1. Anamnesis apa yg belum digali pada pasien?
2. Apa kira-kira diagnosisnya?
3. Sudah tepatkah obat yang diminumnya?


INFLUENZA versus COMMON COLD


Influenza atau flu sering disamakan dengan common cold. Keduanya sama-sama jenis penyakit ISPA (Infeksi saluran pernapasan atas) karena virus. Walaupun sulit dibedakan, gejala flu lebih "ganas" daripada common cold. Pasien dengan influenza lebih cepat sakit, lebih terlihat sakit dan lemah. Gejala yang biasa timbul karena influenza adalah demam, pegal-pegal, lemah/letih/lesu, dan batuk tidak berdahak. Sedangkan pada common cold, gejala yang sering dikeluhkan adalah hidung meler.

~~~~
Hampir seminggu di Gimul, selama itu pula saya sakit, ditambah sakitnya setelah aktivasi kawat gigi.
Ya Allah, semoga jadi penggugur dosa-dosa hamba.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah seperti bintang yang indah kemilau namun sulit untuk digapai. Seperti melati begitu lembut dan suci, seperti mawar yang indah namun memiliki duri untuk melindungi diri. Ukhty moga kita bisa menjadi muslimah yang begitu lembut, anggun begitu banyak yang menginginkan namun sulit dimiliki sembarang orang karena kita teguh terhadap Allah dan Rasul.