Tuesday, June 23, 2009

Irama Ujian Tahun III

بسم الله الرحمن الرحيم
2 bulan sudah berlalu. Tak terasa.. ah, tidak.. segalanya terasa begitu lekat di memori. Semua. Sejak sebelum ujian sampai sekarang.

Sesuatu yang berkesan itu paling banyak diingat saat di awal dan di akhir. First thing first. Yang pertama yang utama. Akhir juga menentukan. Itu yang saya baca di sebuah buku. Pernah baca: Bagaimana Mencari Teman dan Mempengaruhi Orang Lain? Recommended, dah!
Aplikasinya, kalau mau membuat diri kita berkesan bagi orang lain, jangan lupa penampilan pertama kita saat bertemu. Juga, jangan lupakan apa yang kita lakukan saat berpisah karena itu yang akan diingat oleh seseorang.

Dalam dunia seminar, presentasi, training dsb cara ini banyak dipakai. Biasanya nih, pembicara membuka dengan suatu cerita dan menutupnya dengan kata mutiara atau ringkasan. Baru ditengah-tengah berisi materi-yang-sebenarnya.

Nampaknya FK membuat sistem yang sama dengan hal itu untuk ujian kali ini.
Bayangkan saja, hari pertama ujian sudah disuguhi SOOCA! Dengan jumlah case yang sungguh memicu detak jantung (buat yang belum tahu bagaimana 'seramnya' SOOCA pertahun di FK UNPAD, baca postingan sy INI). Lalu berderet UAS yang "SKSnya sedikit tapi soalnya banyak". Sebelum ditutup, MDE CVS memanggil untuk dikejar. Dan desert berupa OSCE pada akhirnya dihidangkan.

Entah, apa saya saja yang merasakan kalau rentetan ujian ini begitu menegangkan. Deg-degannya setiap hari. Tapi malasnya tidak kalah heboh.

Malas atau terlalu santai? Coba ya, 2 malam sebelum OSCE saya pakai untuk begadang memecahkan kasus di Medicalzone (FULDFK). Klik DISINI untuk baca casenya. Saking penasaran sm diagnosisnya apa, 3 jam sy habiskan untuk membolak-balik Harmening smp hampir subuh. Ealah..Dan besoknya jadi kurang konsentrasi.
Pesan moral: Cukupi waktu tidur sesibuk apapun, ada hak atas diri juga yg harus dipenuhi. Sel-sel neuron adalah salah satunya.

Okey, kembali ke irama ujian FK tahun ini. Satu kata: TOP!
Tegang ada, heboh iya, sakit hati iya, syukur pasti, ikhtiar dan doa terlantun, begadang jarang, menghindari aktivitas lain aka OFF berorganisasi juga, senyum iya, senang karena soal berulang, deg-degan, pusing, sakit perut, psikosomatis, menggila, stres, ngelantur... komplit dah!


23 Juni 2009

Flowing down

-------------------------------------------------------------------
Dibuang sayang.. my note..

Juni 2009
Senin-Selasa, 8-9 >> 8."-15." SOOCA! (done)
Kamis, 11 >> 11."-12." BHP VI (done)
Jumat, 12 >> 13."-15." CRP II (done)
Senin, 15 >> 8."-10." PHOP II (done)
Selasa, 16 >> 8."-10." Compre BHP VI (done)
Rabu, 17 >> 9."-11." Compre CRP II (done)
Kamis, 18 >> 10."-12." Compre PHOP II (done)
Jumat, 19 >> 8."-11.30 MDE CVS (done)
Senin-Rabu , 22-24 >> 8."-16." OSCE! 12 Station! (done)

Juli 2009
Kamis, 2 >> 8."-16." Judicium I

Dan bersama kesulitan itu ada kemudahan
Rabbi zidni ilman warzuqni fahman
aamiin

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah seperti bintang yang indah kemilau namun sulit untuk digapai. Seperti melati begitu lembut dan suci, seperti mawar yang indah namun memiliki duri untuk melindungi diri. Ukhty moga kita bisa menjadi muslimah yang begitu lembut, anggun begitu banyak yang menginginkan namun sulit dimiliki sembarang orang karena kita teguh terhadap Allah dan Rasul.