Friday, April 30, 2010

Runyam dan Khusyu

بسم الله الرحمن الرحيم
10 hari lagi MDE..Minggu berikutnya lagi OSCE..Minggu berikutnya lagi SOCA..
Beberapa jam lagi mengumpulkan draft skripsi.
Ga kerasa, tapi kenapa yg dikepala saya masih ada badai yang tak jua berlalu.
Walau semua tampak terkendali dan baik-baik saja, tapi kok ruwet ya.
Kalau dideskripsikan, semua isi kepala saya berantakan >,< ouwch Hei, sobat. Pernahkan dirimu merasakan hidupmu begitu nampak terkendali tapi sebenarnya tidak? atau beberapa orang merasa banyak sekali yg ingin dikerjakan tapi tidak tahu mau memulai dari mana?

Tuesday, April 27, 2010

Skabies

بسم الله الرحمن الرحيم
*Intan Risna/ Tropmed 7/ Case 8

S K A B I E S




Skabies sering juga disebut penyakit kulit berupa budukan atau kudis
Transmisi
Penyakit ini dapat ditularkan melalui kontak erat dengan orang yang terinfeksi.

Etiologi dan Patogenesis
Skabies disebabkan oleh infestasi dan sensitisasi terhadap kutu Sarcoptes scabiei var
hominis dan tinjanya pada kulit manusia.
Sarcoptes scabiei
:

gbr. 1 Sarcoptes scabiei

  • kutu yang transparan, berbentuk oval, pungggungnya cembung, perutnya rata dan tidak
  • bermata.
  • Diameternya sekitar 0.3 mm
  • memiliki 4 pasang kaki.
  • tidak dapat terbang ataupun meloncat
  • siklus hidup 30 hari
Kutu betina melubangi stratum corneum dalam waktu 20 menit lalu bertelur sekitar 3 butir perharinya. Telur itu kemudian menetas setelah hari ke 4. Lalu larva bermigrasi ke permukaan kulit dan berkembang hingga dewasa. Setelah 2 minggu, kutu betina dan jantan kawin. Kutu betina lalu kembali melubangi stratum corneum. Kutu jantan, yang tubuhnya lebih kecil dari betina, terjatuh dari kulit dan mati.

Tuesday, April 20, 2010

SMS Tausyiah Part 2

بسم الله الرحمن الرحيم


Bersyukurlah tatkala Allah menyibukkanmu dengan amanah da'wah. Itulah salah satu caraNya untuk menjagamu agar selalu dalam kebaikan. da'wah ini, jika tidak bersama kita, maka ia bersama selain kita. Tapi jika tidak bersama da'wah, maka kita tidak akan bersama dengans elainnya. Allahumma inna nas-aluka hudaa wat tuqaa wal 'afwaawa wal 'ghinaa.
La Tahzan ukhti.. Allah selalu menyelipkan hikmah yang indah ditiap lembaran ujian hidup kita.
(Im, Unsyiah, 180410)

"Ya Allah, anugerahkanlah kepadaku cinta kepadaMU dan cinta kepada orang yg cintanya berguna bagiku disisi Mu.
Ya Allah, setiap anugerahMu kepadaku yang kucintai, mohon jadikanlah ia sebagai kekuatanku untuk mencintai apa yg Kau cintai.
Ya Allah, setiap apa yang kucintai dan tidak Kau berikan kepadaku, mohon jadikanlah itu sebagai peluangku untuk berada dalam perkara yang Kau cintai." HR Tirmidzi
(DEP kemuslimahan 180410)

Monday, April 19, 2010

Orak-arik?

بسم الله الرحمن الرحيم

Ini masakan favorit saya selain bubur jagung. Tapi belum nemu nama yg pas apa. Orak-arik..?
atau apa ya?

Yang pasti caranya gampang, bahannya gampang dicari, masaknya ga pake lama pula.

BAHAN:
1. Buncis 1 ons
2. Wortel 1 ons
3. Bakso 5 buah
4. Telur 1 butir

BUMBU:
1. Bawang putih 2 siung
2. Merica 1 sdt
3. Garam secukupnya
4. Gula pasir 1 sdm
5. Minyak sayur untuk menumis 2 sdm
6. Air secukupnya

CARA MASAK:
1. Potong2 wortel 2x lebar dan 1x panjang korek api
2. Potong2 buncis seperti wortel (caranya: belah 2 vertikal semua buncis dengan pisau, tumpuk lalu iris sepanjang wortel)
3. Iris bakso tipis atau menurut selera
4. Ulek bawang putih dan merica
5. Tumis bumbu2 sampai harum
6. Masukan bakso dan wortel. Aduk dan tunggu sampai setengah matang.
7. Masukan buncis. Aduk terus sampai terlihat melayu.
8. Tambahkan air secukupnya
9. Ceplok telor diatas sayur. Tutup panci atau wajan +/- 4 menit sampai telur setengah matang.
10. Aduk semua perlahan. Buat bentuk telur menjadi acak dan menggumpal (+/- 1-2 cm)
Tips: aduknya perlahan, jangan terlalu heboh, takutnya nanti telur terlalu hancur dan malah jadi bubur.
11. Pastikan matang, dan jangan terlalu matang

Selamat mencoba!

Fullmoon

بسم الله الرحمن الرحيم

"Lihat keluar, chu. Bulannya purnama!"

Lagi dan lagi, kata-kata itu yang terngiang saat kulihat purnama
Detik dan detik berlalu bersama besit-besit asa yang tak henti melintasi memori
Terhenyak lalu berpaling

Allah...
Mengapa desah ini tak pernah hilang
Aku berlindung padaMu dari hati yang tidak tenteram

Biar purnama berikutnya kubisa menatapnya lebih lekat
lebih dekat

Friday, April 16, 2010

Amebiasis

بسم الله الرحمن الرحيم
Intan Risna/ Tropmed 7/ Case 4
(versi males mentranslasi ^^, I wish I could someday)

INTESTINAL AND UROGENITAL PROTOZOA
Intestinal and luminal protozoa significant to human health include
  • Entamoeba histolytica (Amebae)
  • Balantidium coli (Ciliates)
  • Giardia lamblia and Trichomonas vaginalis (Flagellates)
  • Cryptosporidium parvum and Isospora belli (Sporozoa)
AMEBIASIS (amebic dysentery, amebic hepatitis)

Etiology
E. histolytica
is the major cause of amebic dysentery.

Epidemiology
0.5 to 50% of the population world wide harbors E. histolytica parasites with the higher rates of infection being in underdeveloped countries. 1 to 3% of the population of the USA are infected. Infection is associated with poor hygiene. Humans are the principal host, although dogs, cats and rodents may be infected.

Morphology

Trophozoite: This form has an ameboid appearance and is usually 15-30 micrometers in diameter, although more invasive strains tend to be larger. The organism has a single nucleus with a distinctive small central karyosome (Figure 1A,B). The fine granular endoplasm may contain ingested erythrocytes (Figure 1C). The nuclear chromatin is evenly distributed along the periphery of the nucleus.
Cyst: Entameba histolytica cysts are spherical, with a refractile wall; the cytoplasm contains dark staining chromatoidal bodies and 1 to 4 nuclei with a central karyosome and evenly distributed peripheral chromatin (Figure 2).
Life cycle
Infection occurs by ingestion of cysts on fecally contaminated food or hands. The cyst is resistant to the gastric environment and passes into small intestine where it decysts. The metacyst divides into four and then eight amoebae which move to the large intestine. The majority of the organisms are passed out of the body with the feces but, with larger bolus of infection, some amebae attach to and invade the mucosal tissue forming "flask-shaped" lesions (bomb craters). The organisms encyst for mitosis and are passed through with feces (Figure 3). There are no intermediate or reservoir hosts.
Symptoms

Acute: Frequent dysentery with necrotic mucosa and abdominal pain.

Chronic: Recurrent episodes of dysentery with blood and mucus in the feces. There are intervening gastrointestinal disturbances and constipation. Cysts are found in the stool. The organism may invade the liver, lung and brain where it produces abscesses that result in liver dysfunction, pneumonitis, and encephalitis.

Tuesday, April 13, 2010

Leptospira

بسم الله الرحمن الرحيم
L E P T O S P I R A


Leptospira adalah bakteri penyebab penyakit Leptospirosis.An external file that holds a picture, illustration, etc., usually as some form of binary object. The name of referred object is ch35f1.jpg.


Clinical manifestations of leptospirosis


Taksonomi Kingdom : Monera
Phylum : Spirochaetes
Class : Spirochaetes
Order : Spirochaetales
Family : Leptospiraceae
Genus : Leptospira
Species : L. interrogans

Klasifikasi
1. Klasifikasi serologis (Reaksi antigen-antibodi)
- Patogen : Leptospira interrogans
- Non-patogen : Leptospira biflexa
Kemudian dari sana, dipecah lagi menjadi berdasarkan tes microscopic agglutination test (MAT)
- >200 serovars L interreogans
- > 60 serovars L biflexa
Serovars yang memiliki antigenicity yg mirip kemudian dikelompokkan dlm serogroups.
Jadi urutannya : spesies- serovars - serogroup
2. Klasifikasi genotipe (DNA/Molekuler), berdasarkan studi DNA-DNA hibridisasI.

Untuk membedakan L interrogans dengan L biflexa :
1. L. Biflexa tumbuh pada suhu 13oC, dapat tumbuh bila ada 8- azaguanine (225 μg/ml), dapat berubah bentuk menjadi sel sferis di dalam 1 M NaCl.10,11.
2. Tes ELISA menggunakan antibodi monoklonal spesifik Leptospira patogen, di mana bila dengan Leptospira non-patogen tidak bereaksi.
3. PCR

Sistem klasifikasi yg sekarang berdasarkan DNA. Membagi L interrogans dan L biflexa menjadi 12 nama spesies, 4 unnamed species.
• Leptospira interrogans
• Leptospira weilii
• Leptospira santarosai
• Leptospira noguchi
• Leptospira borgpetersenii
• Leptospira kirschner
• Leptospira alexanderi
• Leptospira inadai (pathogenicity unclear)
• Leptospira fainei (pathogenicity unclear)
• Leptospira meyeri (pathogenicity unclear)
• L biflexa (saprophytes)
• Leptospira wolbachi (saprophytes)
• Unnamed Genomospecies 1 (pathogenicity unclear), 3 (saprophytes), 4, and 5 (saprophytes)

Morfologi
• Bakteri gram negatif
• Berbelit (pegas), tipis, fleksibel, panjangnya 5-15 µm, dengan spiral yang sangat halus lebarnya 0,1-0,2 µm. Salah satu ujungnya membengkok, membentuk cambuk.
• Memiliki flagella internal yang khas, sehingga dapat menembus masuk ke dalam jaringan.
• Motil aktif, jika dilihat dengan dark-field microscope. Mikroskop elektron menunjukkan adanya filamen tipis dan membran yang lembut. Spiroseta ini begitu lembut sehingga jika dlihat menggunakan darkfield, hanya tampak seperti rantai kokus.An external file that holds a picture, illustration, etc., usually as some form of binary object. The name of referred object is ch35f2.jpg. Morphological comparison of Leptospira, Borrelia, and Spirillum

Genom
• Genom Leptospira terdiri dari dua kromosom sirkuler yang disusun oleh 4,63 juta pasang basa.
• Kromosom I mempunyai 4,28 juta pasang basa.
• Krosom II jauh lebih kecil yang hanya terdiri dari 350.000 pasang basa.

Kultur
• Aerob, Suhu 28-30o
• Pada media semisolid yang mengandung serum (Fletcher’s, Stuart’s)
• Setelah 1-2 minggu, terlihat zone pertumbuhan merata di dekat ‘top of the tube’, kemudian terlihat cincin pertumbuhan pada level dengan tekanan oksigen yang optimum untuk pertumbuhan organisme.
• Media kultur dapat dibuat selektif untuk leptospira dengan menambahkan neomycin atau 5-fluorouracil.

Growth Requirement
• Mendapatkan energi dari oksidasi asam lemak rantai panjang, dan tidak dapat menggunakan karbohidrat atau asam amino sebagai sumber energi utama.
• Amonium sulfat sebagai sumber nitrogen utama
• Dapat hidup selama berminggu-minggu di air, terutama pada pH alkaline.

Struktur Antigen
• Amplop terluar memiliki banyak Lipopolisakarida (LPS) sebagai struktur antigenik yang bervariasi pada setiap strain. Variasi inilah yang mendasari klasifikasi serologis dari spesies Leptospira.

Sumber:
1. Jawetz Medical Microbiology. 23rd Ed.
2. www.emedicine.net
3. Buku Ilmu Penyakit Dalam PAPDI

SMS Tausyiah Part 1

بسم الله الرحمن الرحيم


Betapa manusia sering merasa sok tahu tentang apa yang baik dan tidak baik bagi dirinya, sampai-sampai menafikan kekuatan yang Maha Baik, Allah subhanahu wa Ta'ala. Mudah2an kita tidak termasuk ya.
(Vn, Unpad, 130410)

Bila dirimu sekarang sedang menunggu seseorang tuk menjalani kehidupan menuju RidhaNya, bersabarlah dengan keindahan.. demi Allah, dia tidak datang karena kecantikan atau ketampanan, kepintaran ataupun kekayaan. Tapi Allah lah yang menggerakkan. Janganlah tergesa untuk mengeksepresikan cinta kepada dia sebelum Allah mengizinkan. Belum tentu yang kau cintai adalah yang terbaik untukmu. Siapakah yang lebih mengetahui selain Allah? Simpanlah segala bentuk ucapan cinta dan derap hati rapat2, Allah yang akan menjwabnya dengan lebih indah disaat yang tepat.
(Im, Unsyiah, 120410)

Diriwayatkan dari Jubair bin Mutim ra. Rasulullah bersabda: Tidak akan masuk syurga orang yang memutuskan tali silaturrahim (hubungan kekeluargaan)
(HR Bukhari Muslim)
(Keputrian DEP 120410)

Ya Allah, jadikan wanita yang membaca sms ini menjadi wanita yang cantik, kuat sabar, sehat dan disayangi banyak orang. Tolong dan tingkatkan kehidupannya. Begitupun jika dia melangkah, selamatkanlah dia! aamiin
(Haf, Yarsi, 120410)

Tidak ada suatu bencana yang menimpa di bumu dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan dia telah tertulis dakam kitab (Lauh Mahfuz) sebelum Kami menciptakannya..(QS Al Hadid: 22)
Jangan pernah berandai, "Seandainya saja aku melakukan seperti ini, niscaya akan begini jadinya."
Tapi katakanlah.."Allah telah menakdirkan dan apa yang Dia kehendaki akan Dia lakukan" berprasangka baiklah dengan setiap ujian Allah, karena siapapun yang oleh Alah dikehendaki menjadi baik, ia akan diuji olehNya.
(PSDM Al-Jundi FK UMY. Che. 060410)

"Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar2 akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan2 Kami. dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang2 yang berbuat baik." QS Al Ankabut: 69)
(Kemuslimahan DEP. 050410)

Tanda cinta kepada Allah adalah banyak mengingat (menyebut) Nya, karena tidaklah engkau menyuka sesuatu kecuali engkau akan banyak mengingatnya (Ar Rabi' bin Anas)
(Humas SKIF Al Jundi UMY. 010410)

Mulailah harimu dengan ucapan basmallah disertai senyuman dan keyakinan bahwa kau mampu menaklukan hari ini dengan kebaikan. Libatkanlah rabbmu dalam setiap keputusan dan perjuangan. Setelah selesai maka ucapkanlah Hamdallah, berharap kau mendapatkan dan bisa memberikan manfaat untuk dirimu dan orang lain. Kita buka hari yang baru dengan semangat baru!
(Ais. Unibrah. 270310)

Abdullah bin Mas'ud : Orang beriman memandang dosa-dosanya seolah batu besar di puncak bukit, ia takut kalau-kalau menimpanya. (HR Bukhari: 5949)
(Ri. Unlam. 250310)

"Siapa yang suka agar Allah mengabulkan doa pada waktu kesusahan dan kesempitan, maka hendaklah ia memperbanyak doa pada waktu senang" (HR Tirmidzi)
(Di. Unair. 200310)

Ukhuwah itu bukan terletak pada pertemuan, bukan pada manisnya ucapan di bibir, Tapi pada ingatan seseorang terhadap saudaranya di dalam doanya. (Imam Ghazali)
(Ri. Unlam. 180310)





Ngilu, Sp.Orto dan Kawat Gigi

بسم الله الرحمن الرحيم
bismillahirrahmanirrahim

gbr. Bukan gigi saya :p

Ngilu, satu kata yang ingin saya sampaikan kalau ada orang yg bertanya kabar saya hari ini. Baru kali ini, baru hari ini, selepas kontrol gigi langsung terasa ngilu. Biasanya kan beberapa hari setelahnya. Yah, sabar saja.
"...sabar ya, neng..namanya juga dikawat.. Ya, beginilah resikonya kalau mau rapi. Tawakal ya..", kata sang dokter, kalem, lembut, sambil terus ngutak-ngatik "entah apa" di cavum oris saya. -_-"

Meringis, nyengir sakit (sampai ada teman kosan yg ga saya kenal tiba-tiba senyum, padahal saya ga maksud senyum ke dia), menarik-menghembus nafas lewat mulut sambil tetap meringis menjadi kegiatan rutin kalau ngilu pasca dikencangkan kawat bracket-nya. Mending ya kalau satu gigi, ini hampir semua gigi yang ngilu. Sudah pasti: makan tak enak, tidur tak nyenyak. Bukan hanya itu, kepala ikut senut-senut, males beraktivitas, otot-otot badan jadi sama linu-nya. Kompak abis >_<. Bener-bener yaaa, sakit satu bagian tubuh = sakit seluruh tubuh.

Ada lagi, kalau kata penyanyi dangdut:
Lebih baik sakit gigi daripada sakit hati.
Buat saya:
Aaaaargggh, sama sajah!!! (deuuuh :p) Penyanyi itu ga ngerasain linunya gigi dipenjara begini kali ya. Kalau Cinta (di film AADC) jadi penyanyi dangdut pasti langsung nyolot menanggapi ini:
"Jadi, salah gue?!! Salah temen-temen gue??!"
Pisss mbakayu..hohoho v(^.^) *dasar Intan*

But, eniwei, bukan itu yang sebenarnya ingin saya bagi-bagi kisah hari ini. Itu baru kalimat pembuka. Sebenarnya sudah lama saya penasaran dengan gelar spesialis para dokter gigi. Adik saya mungkin lebih paham pembagiannya. Tapi, dari pada saya penasaran dan memang belum sempat nanya ke beliau, akhirnya saya cari jawaban di dunia maya. Ini tentang Ortodontist.

Q: Apa itu ortodonti?
A: Ortodonti adalah salah satu spesialisasi kedokteran gigi yang mempelajari dan memperbaiki maloklusi (ketidaksempurnaan possisi gigi saat rahang atas dan bawah tertutup) akibat ketidakteraturan letak gigi atau ada keadaan rahang yang tidak proporsional.
Spesialis ortodonti atau ortodontist adalah dokter gigi yang khusus menangani hal ini: mencegah dan memperbaiki.

Q: Mengapa pergi ke ortodonti?
A: Bukan untuk ekstraksi gigi, bukan untuk membuat gigi palsu, bukan juga untuk menambal gigi. Seseorang pergi ke dokter orto (kita panggil begitu) untuk alasan kosmetik dan juga untuk alasan kesehatan. Selain ada perasaan tidak nyaman dan rendah diri, keadaan gigi yang tidak teratur dapat pula mengakibatkan kesulitan berbicara dan mengunyah. By the way, kalau teman-teman ikut program tahsin (memperbaiki/memperbagus bacaan Al Qur'an) yang mengharuskan kesempurnaan pronounciation huruf a.k.a makharijul huruf, maka gigi geligi yang sempurna akan beresiko memperlancar kemajuan teman-teman mengarungi level demi level program tahsin. Begitu pula dalam program2 bahasa lainnya, tentu sangat berpengaruh dalam hal pengucapan.

Q: Kalau tidak ke ortodonti?
A: Letak gigi dan rahang yang sangat tidak teratur dapat menyebabkan henti nafas saat tidur (sleep apneu), mengorok, dan gangguan pernapasan lainnya.

Q: Promosi?
A: Hahahag. Sepertinya ;p (tenang saya bukan ortodontist, tapi siapa tau adik saya mau jadi ortodontist)

Sebenarnya perawatan gigi itu ga mahal. Bener lho. Kalau teman2 nurut apa kata dokter gigi:
Periksalah gigi anda setiap 6 bulan sekali. Klise? Sangat! Tapi itu benar adanya. Kalau dari kecil semua orang terbiasa melakukan perawatan gigi secara teratur, kemungkinan2 terjadinya maloklusi (juga penyakit pada gigi lainnya) dapat dihindari. Jadi, tidak ada kata terlanjur kalau sudah biasa disiplin merawat gigi. Tidak ada pula lagu dangdut aliran mellow di atas tadi (hehe)

Eh iya, saya jadi inget. Dulu guru agama (1 SMA) saya pernah bilang saat mengajar bab Qada dan Qadar (nah loh kok jadi bahas itu). Ada yang menarik nih, kata beliau:
"Gigi yang ga teratur itu bukan takdir! Itu kesalahan ibumu karena tidak merawatmu!"
Guru agama saya itu juga seorang ibu. Nampak tega sekali ucapannya. Hiks. Padahal ibu saya ga salah apa2, saya saja yg ngeyel ga mau melanjutkan perawatan (sadarnya baru akhir2 ini). Btw, gigi saya baik-baik saja sebenarnya, hanya rahang saya memang agak kecil jadi ada gigi yg mesti dicabut karena akan mengganggu pertumbuhan gigi lainnya. Kalau dari dulu dicabut, mungkin sekarang ga perlu dikawat dan ber-linu2 begini, karena ada efek spiral akibat perawatan yang tidak tuntas (giginya jadi lebih berantakan).

Kembali ke ucapan guru saya itu, maka mengawat permanen (sebenarnya bukan untuk selamanya, tapi memang memakan waktu yang tidak sebentar) itu bukan termasuk mengubah ciptaan Allah (karena, dari penjelasan tentang ortodonti di atas, bahwa maloklusi sebenarnya bisa dicegah). Kan ga boleh tuh, mengubah apa yang sudah dari sononya.

"Rasulullah s.a.w. melaknat perempuan yang mentatoo dan minta ditatoo, dan yang mengikir gigi dan yang minta dikikir giginya." (Riwayat Thabarani)

"Dilaknat perempuan-perempuan yang menjarangkan giginya supaya menjadi cantik, yang mengubah ciptaan Allah." (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Yang perlu dikaji ulang adalah tujuan dari mengawat gigi tersebut. Kalau tidak ada alasan khusus, kalau sebenarnya giginya sudah rapi dan tidak mengganggu komunikasi atau kesehatan, maka menjadi tercela seseorang yang mengawat giginya semata-mata untuk tujuan keindahan dan kecantikan yang dusta (mengikuti tren misalnya).
Yusuf Qardhawi melanjutkan penjelasannya dalam buku Halal dan Haram,
"Tetapi kalau hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan penyakit atau bahaya yang mengancam, maka sedikitpun tidak ada halangan. Wallahu a'lam!"


Wallahu 'alam bishawab.


Sumber:

1. Pengalaman pribadi




Sunday, April 4, 2010

Tutorial Admin 6: Hapus Komentar Sampah (Spam)

بسم الله الرحمن الرحيم
Perlu IT-ers dan non IT-ers ketahui bahwa siapapun bisa memberikan komentar pada artikel tanpa log in terlebih dahulu. Ada komentar yang penting dan sangat penting--atau bahkan menurut beberapa orang tidak penting namun tetap berhubungan dengan konteks artikelnya.
Sebaliknya, ada komentar yang sangat tidak penting & tidak berhubungan dengan konteks (bahkan nama komentatornya pun 'ajaib' entah dari negeri mana). Komentar seperti ini sangat mengganggu pembaca. Kita sebut dengan Spam.

Seperti ini misalnya:

What to do: Buka saja tiap-tiap "komentar sampah"nya

lalu "Delete" (tanda panah). Kata "Delete" tidak akan muncul kalau antum tidak login dulu.

Spam tidak hanya berisi komentar yg berbahasa Inggris dan tidak jelas (sangat nyampah). Mungkin suatu hari spam berbahasa Jerman, Jepang, Jawa, atau Sunda. Apapun bahasanya, yg perlu teman2 perhatikan adalah ISINYA: Jangan sampai rasis, berbau pornografi & pornoaksi (bedakan dengan ilmu kesehatan) misalnya.


Tutorial Admin 5: User & Image Approval

بسم الله الرحمن الرحيم
Bismillahirrahmanirrahim.

Tugas admin selain membuat artikel adalah meng-approve "user" (yang sudah melakukan registrasi) dan "image" (foto) mereka.

gbr. Setelah log in, bisa jadi ada 2 kata tambahan di area lingkaran merah itu: Image (s) dan atau User (s)

what to do:
Klik kanan new tab masing-masing. Lalu akan muncul:


Pastikan ada ceklis di sebelah kiri. Klik "Approve" di area lingkaran merah.

Selesai! ^^


Tutorial Admin 4: Menambah Gambar Baru ke Artikel

بسم الله الرحمن الرحيم
Dari tutorial sebelumnya (Admin Medzone 3): Jangan lupa step 1 (Double klik dulu Folder yang akan diisi gambar baru).
Setelah listnya keluar, klik ikon yg tengah didalam lingkaran merah itu ("Upload"). Kemudian akan muncul tampilan:

keterangan nomor:
1. klik "Add" > Pilih gambar
INGAT: Nama gambar yg akan dimasukan harus jelas.
2. Rename nama gambar yg akan diupload untuk memudahkan pencarian apabila nanti gambar dibutuhkan lagi. Kerjakan saja di kotak itu. Klik 2 kali nama gambarnya dg perlahan.
Misalnya : [DSC12321] diubah jadi [Stetoskop Biru] >> Lebih spesifik lebih baik, tapi jangan kepanjangan oke :)
Masukan gambarnya. Ulangi step 1 bila ada ingin memasukan gambar lainnya. (bisa banyakkk)
3. Klik "Upload". Tunggu sampai semua selesai diupload.
4. Klik tanda silang (X) kalau sudah.

Selesai!

Lanjutkan ke tutorial 3 step 2 untuk mengedit gambar.
Jangan menyerah!

Tutorial Admin 3: Memasukan Gambar ke Artikel

بسم الله الرحمن الرحيم
Setelah meng-klik icon kotak hijau di panel artikel maka akan muncul kotak:


what to do: Double klik folder gambar yg akan dipilih. Misalnya folfer "Artikel", lalu akan muncul list gambar yg ada didalam folder itu di sebelah kanan:

Keterangan nomor:
1. Double click Folder
2. Klik nama gambar
3. Tunggu sampai gambar tampil (sabarrr)*
4. Klik insert (kalau gambarnya ga muncul tapi kita tahu tampilan gambarnya)
5. Pastikan kotak "Properties" terisi. Silakan edit gambarnya:
-UKURAN gambar edit di "Dimensions" : Kalau terlalu besar, kurangi angkanya sesuai kebutuhan. Semakin sering mengedit gambar, semakin tahu ukuran yg pasnya berapa ;)
-POSISI gambar edit di "Alignment": Top, Middle, etc.
- yang lainnya, silakan dicoba sendiri.
6. Kalau sudah klik "Insert"

Selesai.

*Kalau mau menambah gambar dari file komputer Klik disini
**Kalau mau menambah gambar dari internet, ga perlu klik icon hijau "Insert Image" saat membuat artikel. Kalau sudah terlanjur klik icon hijau "Cancel" saja. Lalu:
1. Buka gambar di Internet (misalnya dari Google Gambar)
2. klik kanan di atas gambar itu > "Copy Image"
3. "Paste" kan ke artikel antum
4. Beres


Tutorial Admin 2: Membuat Artikel (baru)

بسم الله الرحمن الرحيم
What to do: Setelah Login Admin Panel > "Add New Article", seperti dibawah ini:


maka akan muncul:


What to do:
Masukan/ Copas/ Tulis artikel antum di area putih yg terlebar. Ketikan Judul di "Title".
"Alias" itu ga perlu diisi. Untuk "Published" dan "Front Page" pilih "Yes".

Keterangan nomor:
1. Section: ada 3 Section artikel yg bisa dipilih
2. Categories: Jumlahnya bermacam tergantung pilihan Sectionnya (silakan disesuaikan dengan jenis artikel)
3. Format: digunakan untuk memformat tulisan. Caranya: bold dulu tulisan yg akan diformat. Sesuaikan dengan kebutuhan.
4. Insert/Edit Link: Untuk membuat link, pertama ketikan kata [Klik disini] --seperti step no.5--di artikel antum. Bold kata [Klik disini] itu, lalu klik icon "Link"nya. Selanjutnya, masukan alamat yg akan di-link-an di kotak yg tersedia (URL).
5. Insert Image: Untuk menambahkan gambar, klik icon berwarna hijau itu. (taruh kursornya di tempat yg akan dimasukan gambar). Tutorial memasukan gambar Klik Disini
6. Author: Akan tampil nama antum sendiri. Kalau memang itu artikel antum biarkan saja seperti itu. Tapi kalau artikel pengurus lain yang meminta bantuan IT bisa dipilih namanya disitu. NB: "Author Alias" baiknya diisi Amanah antum di FULDFK.
7. Apply: Kalau sudah selesai, klik. Selesai. :)

Untuk icon lainnya silakan dicoba sendiri yaa... jangan takut salah!

"Ga ada noda ga belajar" ;)





Tutorial Admin 1: Log In Admin Panel

بسم الله الرحمن الرحيم
Assalamu'alaikum IT-ers!
Postingan khusus buat para administrator www.medicalzone.org, jadi buat yang bukan admin punten ya.. v(^.^)


gbr 1. Tampilan antum setelah log in.

What to do:
>> Klik "Admin Panel", maka akan muncul kotak dialog:
NB: Klik artinya : klik kanan mouse, terus Open in New Tab.

What to do: Masukan Username dan Password > Login. Maka akan muncul Control Panel:
Tulisan-tulisan diatas, mulai dari pojok kiri atas ("Site") sampai pojok kanan bawah (kecuali "Global Configuration"), akan tampil. Jangan pusing dulu ya.. kita belajar satu2 oke..dari yg paling penting dan dibutuhkan oleh seorang admin.






Jadi Ikhwan Jangan Cengeng

بسم الله الرحمن الرحيم
Sebuah renungan buat ikhwan2..
dr seorang teman
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Jadi Ikhwan jangan cengeng..
Dikasih amanah pura-pura batuk..
Nyebutin satu persatu kerjaan biar dikira sibuk..
Afwan ane sakit.. Afwan PR ane numpuk..
Afwan ane banyak kerjaan, kalo nggak selesai bisa dituntut..
Afwan ane ngurus anu ngurus itu jadinya suntuk..
Terus dakwah gimana? digebuk?

Jadi Ikhwan jangan cengeng..
Dikit-dikit dengerin lagunya edcoustic..
udah gitu yang nantikanku di batas waktu, bikin nyelekit..
Ke-GR-an tuh kalo ente melilit..
Kesehariannya malah jadi genit..
Jauh dari kaca jadi hal yang sulit..
Hati-hati kalo ditolak, bisa sakiiiittt…

Jadi Ikhwan jangan cengeng..
Dikit-dikit SMSan sama akhwat pake Paketan SMS biar murah..
Rencana awal cuma kirim Tausyiah..
Lama-lama nanya kabar ruhiyah.. sampe kabar orang rumah..
Terselip mikir rencana walimah?
Tapi nggak berani karena terlalu wah!
Akhirnya hubungan tanpa status aja dah!

Jadi Ikhwan jangan cengeng..
Abis nonton film palestina semangat membara..
Eh pas disuruh jadi mentor pergi entah kemana..
Semangat jadi penontonnya luar biasa..
Tapi nggak siap jadi pemainnya.. yang diartikan sama dengan hidup sengsara..
Enak ya bisa milih-milih yang enaknya aja..

Jadi Ikhwan jangan cengeng..
Ngumpet-ngumpet buat pacaran..
Ketemuan di mol yang banyak taman..
Emang sih nggak pegangan tangan..
Cuma lirik-lirikkan dan makan bakso berduaan..
Oh romantisnya, dunia pun heran..
Kalo ketemu Murabbi atau binaan..
Mau taruh di mana tuh muka yang jerawatan?
Oh malunya sama Murabbi atau binaan?
Sama Allah? Nggak kepikiran..
Yang penting nyes nyes romantis semriwing asoy-asoy-yaannn..

Jadi Ikhwan jangan cengeng..
Disuruh infaq cengar-cengir..
Buat beli tabloid bola nggak pake mikir..
Dibilang kikir marah-marah dah tuh bibir..
Suruh tenang dan berdzikir..
Malah tangan yang ketar-ketir..
Leher saudaranya mau dipelintir!

Jadi Ikhwan jangan cengeng..
Semangat dakwah ternyata bukan untuk amanah..
Malah nyari Aminah..
Aminah dapet, terus Walimah..
Dakwah pun hilang di hutan antah berantah..
Dakwah yang dulu kemanakah?
Dakwah kawin lari.. lari sama Aminah..
Duh duh… Amanah Aminah..
Dakwah.. dakwah..
Kalah sama Aminah..

Jadi Ikhwan jangan cengeng..
Buka facebook liatin foto akhwat..
Dicari yang mengkilat..
Kalo udah dapet ya tinggal sikat..
Jurus maut Ikhwan padahal gak jago silat..
“Assalammu’alaykum Ukhti, salam ukhuwah.. udah kuliah? Suka coklat?”
Disambut baik sama ukhti, mulai berpikir untuk traktir Es Krim Coklat ..
Akhwatnya terpikat..
Mau juga ditraktir secara cepat..
Asik, akhirnya bisa jg ikhtilat…
yaudah.. langsung TEMBAK CEPAT!
Akhwatnya mau-mau tapi malu bikin penat..
badan goyang-goyang kayak ulat..
Ikhwannya nyamperin dengan kata-kata yang memikat..
Kasusnya sih kebanyakan yang ‘gulat’..
Zina pun menjadi hal yang nikmat..
Udah pasti dapet laknat..
Duh.. maksiat.. maksiat…

Jadi Ikhwan jangan cengeng..
Ilmu nggak seberapa hebat..
Udah mengatai Ustadz..
Nyadar diri woi lu tuh lulusan pesantren kilat..
Baca qur’an tajwid masih perlu banyak ralat..
Lho kok udah berani nuduh ustadz..
Semoga tuh otaknya dikasih sehat..

Jadi Ikhwan jangan cengeng..
Status facebook tiap menit ganti..
Isinya tentang isi hati..
Buka-bukaan ngincer si wati..
Nunjukkin diri kalau lagi patah hati..
Minta komen buat dikuatin biar gak mati bunuh diri..
Duh duh.. status kok bikin ruhiyah mati..
Dikemanakan materi yang ustadz sampaikan tadi?

Jadi Ikhwan jangan cengeng..
Ngeliat ikhwan-ikhwan yang lain deket banget sama akhwat mau ikutan..
Hidup jadi kayak sendirian di tengah hutan rambutan..
Mau ikutan tapi udah tau kayak gitu nggak boleh.. tau dari pengajian..
Kepala cenat-cenut kebingungan..
Oh kasihan.. Mendingan cacingan..

Jadi Ikhwan jangan cengeng..
Ngeliat pendakwah akhlaknya kayak preman..
Makin bingung nyari teladan..
Teladannya bukan lagi idaman..
Hidup jadi abu-abu kayak mendungnya awan..
Mau jadi putih nggak kuat nahan..
Ah biarlah kutumpahkan semua dengan cacian makian..
Akhirnya aku ikut-ikutan jadi preman..
Teladan pun sekarang ini susah ditemukan..

Jadi Ikhwan jangan cengeng..
Diajakain dauroh alasannya segudang..
Semangat cuma pas diajak ke warung padang..
Atau maen game bola sampe begadang..
Mata tidur pas ada lantunan tilawah yang mengundang..
Tapi mata kebuka lebar waktu nyicipin lauk rendang..
Duh.. berdendang…

Jadi Ikhwan jangan cengeng..
Bangga disebut ikhwan.. hati jadi wah..
Tapi jarang banget yang namanya tilawah..
Yang ada sering baca komik naruto di depan sawah..
Hidup sekarang jadinya agak mewah..
Hidup mewah emang sah..
Tapi.. kesederhanaan yang dulu berakhir sudah?

Jadi Ikhwan jangan cengeng..
Dulunya di dakwah banyak amanah..
Sekarang katanya berhenti sejenak untuk menyiapkan langkah..
Tapi entah kenapa berdiamnya jadi hilang arah..
Akhirnya timbul perasaan sudah pernah berdakwah..
Merasa lebih senior dan lebih mengerti tentang dakwah..
Anak baru dipandang dengan mata sebelah..
Akhirnya diam dalam singgasana kenangan dakwah..
Dari situ bilang.. Dadaaahhh.. Saya dulu lebih berat dalam dakwah..
Lanjutin perjuangan saya yah…

Jadi Ikhwan jangan cengeng..
Nggak punya duit jadinya nggak dateng Liqo..
Nggak ada motor yaa halaqoh boro-boro..
Murabbi ikhlas dibikin melongo..
Binaan nggak ada satupun yang ngasih info..
Ngeliat binaan malah pada nonton tv liat presenter homo..
Adapula yang tidur sambil meluk bantal guling bentuk si komo..

Oh noo…

Jadi Ikhwan jangan cengeng…
Jadi Ikhwan jangan cengeng…
Jadi Ikhwan jangan cengeng…
Jadi Ikhwan jangan cengeng…
Jadi Ikhwan jangan cengeng…

Akhi… banyak sekali sebenarnya masalah Ikhwan..
Dimanapun harokahnya…

Akhi.. Di saat engkau tak mengambil bagian dari dakwah ini..
Maka akan makin banyak Ikhwan lain yang selalu menangis di saat mereka mengendarai motor.. Ia berani menangis karena wajahnya tertutup helm… Ia menangis karena tak kuat menahan beban amanah dakwah..

Akhi.. Di saat engkau kecewa oleh orang yang dulunya engkau percaya.. Ikhwan-ikhwan lain sebenarnya lebih kecewa dari mu.. mereka menahan dua kekecewaan.. kecewa karena orang yang mereka percaya.. dan kecewa karena tidak diperhatikan lagi olehmu.. tapi mereka tetap bertahan.. menahan dua kekecewaan… karena mereka sadar.. kekecewaan adalah hal yang manusiawi.. tapi dakwah harus selalu terukir dalam hati..

Akhi.. disaat engkau menjauh dari amanah.. dengan berbagai alasan.. sebenarnya, banyak ikhwan di luar sana yang alasannya lebih kuat dan masuk akal berkali-kali lipat dari mu.. tapi mereka sadar akan tujuan hidup.. mereka memang punya alasan.. tapi mereka tidak beralasan dalam jalan dakwah.. untuk Allah.. demi Allah.. mereka.. di saat lelah yang sangat.. masih menyempatkan diri untuk bangun dari tidurnya untuk tahajjud.. bukan untuk meminta sesuatu.. tapi mereka menangis.. curhat ke Allah.. berharap Allah meringankan amanah mereka.. mengisi perut mereka yang sering kosong karena uang habis untuk membiayai dakwah…

Akhi.. Sungguh.. dakwah ini jalan yang berat.. jalan yang terjal.. Rasul berdakwah hingga giginya patah.. dilempari batu.. dilempari kotoran.. diteror.. ancaman pembunuhan….. dakwah ini berat akhi.. dakwah ini bukan sebatas teori.. tapi pengalaman dan pengamalan… tak ada kata-kata ‘Jadilah..!’ maka hal itu akan terjadi.. yang ada ‘jadilah!’ lalu kau bergerak untuk menjadikannya.. maka hal itu akan terjadi.. itulah dakwah… ilmu yang kau jadikan ia menjadi…

Akhi.. jika saudaramu selalu menangis tiap hari..
Bolehkah mereka meminta sedikit bantuanmu..? meminjam bahumu..? berkumpul dan berjuang bersama-sama…?
Agar mereka dapat menyimpan beberapa butir tangisnya.. untuk berterima kasih padamu..
Juga untuk tangis haru saat mereka bermunajat kepada Allah dalam sepertiga malamnya..
“Yaa Allah.. Terimakasih sudah memberi saudara seperjuangan kepadaku.. demi tegaknya Perintah dan laranganMu… Kuatkanlah ikatan kami…”

“Yaa Allah, Engkau mengetahui bahwa hati-hati ini telah berhimpun dalam cinta kepada-Mu, bertemu dalam taat kepada-Mu, bersatu dalam da’wah kepada-Mu, berpadu dalam membela syariat-Mu.”

“Yaa Allah, kokohkanlah ikatannya, kekalkanlah cintanya, tunjukillah jalan-jalannya. Penuhilah hati-hati ini dengan cahaya-Mu yang tidak pernah pudar.”

“Lapangkanlah dada-dada kami dengan limpahan keimanan kepada-Mu dan keindahan bertawakal kepada-Mu. Hidupkanlah hati kami dengan ma’rifat kepada-Mu. Matikanlah kami dalam keadaan syahid di jalan-Mu.”

“Sesungguhnya Engkaulah Sebaik-baik Pelindung dan Sebaik-baik Penolong. Yaa Allah, kabulkanlah. Yaa Allah, dan sampaikanlah salam sejahtera kepada junjungan kami, Muhammad SAW, kepada para keluarganya, dan kepada para sahabatnya, limpahkanlah keselamatan untuk mereka.”

Aamiin Allahumma aamiin.


(Sy yg bukan ikhwan aja ajleb baca ini.. apalagi yg ikhwan.,>_<>

SOCA is back!

بسم الله الرحمن الرحيم
Petunjuk pelaksanaan SOCA resmi dari MERDU FK Unpad

(Medical Education Research and Development Unit)


STANDARD FOR OSOCA


OSOCA is objective student oral case analysis alias ujian lisan.
The objective of conducting OSOCA is assessing the comprehensive concept of a case.
The students are expected to analyze the case by explaining problems and its basic mechanism; rationale diagnosis, and therapy applying underlying basic sciences. (Including BHP, PHOP and CRP for batch 2008) *2006 ada nilai untuk BHP juga*

Kasus yang diujikan adalah semua kasus yang muncul (bahkan ada juga yg tidak pernah muncul) selama tutorial satu tahun ajaran. Banyaknya bisa lebih dari 30 kasus yang harus dihapalkan dan dipahami untuk bekal ujian yang kita tidak tahu satu kasus apa yang akan diujikan untuk kita, tentu saja. Dan yang paling penting: NO OPEN BOOK--even a note-- before and at the time you're having SOCA. Untuk teknis SOCA silakan baca dipostingan saya setahun yang lalu ;)

Oh ya, SOCA tahunan itu berlaku untuk angkatan 2007 sampai 2004 di UNPAD. Mulai angkatan 2008 SOCA diujikan setiap semester.


Items should be explained (in 20 minutes-red):
Start with describing mind mapping of the case (describing the correlations of one problem/condition to another: cause-effect relationships); checklist should accordance to any aspects that revealed from the mind mapping.

1. General case review: (score 5)
a. Explain the correlation of the main problem (diagnosis) with other conditions of the patient including etiology and/risk factors and/predisposing factors.
Example:
- Bacterial meningitis as complication of otitis media perforates (in the case describing otitis media perforates and bacterial meningitis)
- Ischemic stroke with age, hypertension and hyperlipidemia as the risk factors (or any conditions that are mentioned in the case). If the affected vascular or part of the brain is mentioned then the student should also analyzed it.
b. Basis/criteria diagnosis using clinical interpretation of problems; including ways to rule out differential diagnosis (only those are mentioned in the case), including basis in the classification or types or affected structure, for exp. affected artery or part of the brain in stroke.

2. Basic sciences involved (20-35)
Explain/describe basic sciences being disturbed or affected in pathogenesis and pathophysiology.
Example:
- Motoric pathway in paralysis
- Blood pressure regulation in hypertension
- Vascularisation in disease that spreads hematogenous
- Acid-base balance regulation and histology of renal tubule in acidosis due to CRF; acid-base balance regulation and urine production/GFR in acidosis due to prerenal ARF. Different pathomechanism of the same problem leading to different basic sciences expected to be explained.
- Characteristic causing agent regarding morphology, structure/s of microorganism that play role in pathogenicity and virulence)

3. Pathogenesis: (10-20)
Explain the mechanism result in the disease and alteration structures that is showed in supporting examination such as radiology, pathology anatomy and others (if any)

4. Pathophysiology: (20-30)
Explain each mechanism results in all signs and symptoms including those revealed in laboratory examination.

5. Management: (5-10)
a. The principles (the purpose/s and the benefits) of non-pharmacological management including medical rehabilitation, prevention, patient education and others.
b. The principles/rationale approach of pharmacological management including the purpose/reason on drug selection.

6. Complication: (5)
Explain the mechanism result in the complication (if it mentioned in the case)

7. Prognosis: (5)
The reason of either good or poor prognosis

8. BHP (5 for 1 SKS)

9. PHOP (5)

10. CRP (5)

11. Student Performance (10)

Semangat! Banyak banget kasus di tahun ke 4!
Jadilah seperti bintang yang indah kemilau namun sulit untuk digapai. Seperti melati begitu lembut dan suci, seperti mawar yang indah namun memiliki duri untuk melindungi diri. Ukhty moga kita bisa menjadi muslimah yang begitu lembut, anggun begitu banyak yang menginginkan namun sulit dimiliki sembarang orang karena kita teguh terhadap Allah dan Rasul.